1. HOME
  2. DIGITAL
STARTUP

Taksi Tanpa Pengemudi Pertama di Dunia Mengaspal di Singapura

nuTonomy telah menjalankan uji coba di Singapura selama beberapa tahun terakhir.

By Adhi 29 Agustus 2016 07:08
Taksi dengan mobil otnomos nuTonomy (techinasia.com)

Money.id - Belum lama ini, taksi tanpa pengemudi pertama di dunia berhasil mengantar penumpang sampai ke Singapura. Taksi ini diproduksi oleh nuTonomy, sebuah startup kendaraan yang membuat mobil otomatis.

Mobil-mobil dari nuTonomy telah menjalankan uji coba di Singapura selama beberapa tahun terakhir. 

Tak disangka, respons masyarakat sangat positif terhadap nuTonomy. Bahkan, mereka mengaku mulai kewalahan untuk menangani pesanan taksi.

Dilansir laman Mashable, juru bicara nuTonomy menyatakan bahwa kebutuhan charging yang cukup makan waktu lama, membuat pengoperasiannya belum bisa maksimal.

nuTonomy sendiri telah mengungkapkan kepada Associated Press bahwa mereka akan segera melakukan pelayanan lebih luas ke seluruh Singapura dalam beberapa minggu mendatang.

Meski beberapa perusahaan seperti Google dan Volvo telah menguji coba kendaraan otomatisnya di jalanan selama beberapa tahun terakhir, nuTonomy mengklaim bahwa perusahaannya menjadi yang pertama dalam memberi pelayanan angkutan masyarakat.

nuTonomy mengklaim akan mengalahkan Uber yang masih berencana melakukan pelayanan ride-sharing dengan mobil otomatis di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Saat ini, hanya ada enam unit mobil otomatis yang tersedia, dan direncanakan tumbuh menjadi 12 unit pada akhir tahun. nuTonomy memiliki tujuan jangka pendek dengan memiliki armada taksi otomatis di Singapura pada 2018 mendatang.

Hal ini juga bertujuan untuk membatasi jumlah kendaraan yang memadati jalanan protokol Singapura.

Mobil yang digunakan oleh nuTonomy adalah modifikasi dari Renault Zoe dan Mitsubishi MiEV electrics, yang sebenarnya adalah mobil manual. Mobil ini tetap memiliki pengemudi yang siap untuk mengambil kemudi jika terjadi sesuatu, dan juga seorang peneliti yang mengamati laju mobil dari komputer yang ada di dalam mobil canggih tersebut.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section