1. HOME
  2. V-MONEY
MINUMAN

Wedang Tahu Bu Sukardi, Ludes Hanya dalam 2 Jam

Minuman yang hangat dan lembut ini cocok dinikmati saat cuaca dingin ataupun di pagi hari.

By Febriyani 3 Juni 2017 16:00
Wedang tahu (brilio.net)

Money.id - Tahu isi, tahu bakso, dan tahu crispy adalah sebagian olahan tahu yang sering kita jumpai selama ini. Tapi pernahkah Anda membayangkan jika tahu dijadikan minuman? Mungkin awalnya terdengar sangat aneh, tapi ternyata memang ada minuman dari bahan tahu.

Ya, namanya wedang tahu. Minuman yang hangat dan lembut ini adalah minuman khas Semarang, Jawa Tengah, yang cocok dinikmati saat cuaca dingin ataupun di pagi hari.

Meski berasal dari Semarang, wedang tahu bisa kita jumpai di Yogyakarta dan kota-kota di sekitar Semarang. Sebenarnya wedang tahu bukanlah minuman yang terbuat dari tahu, namun terbuat dari sari kedelai yang diolah hingga akhirnya menyerupai tahu sutera yang sangat lembut.

Lalu sari kedelai disajikan bersama kuah yang terbuat dari jahe. Rasa lembut dan gurih dari sari kedelai berpadu pas dengan hangatnya kuah jahe.

Di Yogyakarta, tepatnya di kawasan Kranggan, ada pedagang wedang tahu. Adalah Bu Sukardi yang setiap harinya menjual wedang tahu dari pukul 07.30 WIB hingga dagangannya habis. Minuman unik ini hanya dibanderol Rp6 ribu saja.

Wedang tahu dipercaya memiliki banyak khasiat, seperti menghilangkan masuk angin, bagus untuk kulit wanita dan baik untuk wanita hamil. Jika mereka rajin mengonsumsi wedang tahu maka bayi yang akan lahir akan memiliki kulit yang bersih.

(f/f)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From V-Money Section