1. HOME
  2. V-MONEY
FOOD

Sensasi Mencicipi Manisan Cabai dari Wonosobo, Berani Coba?

Cabai yang digunakan merupakan cabai khusus yang tumbuh di dataran tinggi Dieng.

By Febriyani 1 Mei 2017 15:00
Manisan cabai (youtube.com/Merdeka Jawa Tengah)

Money.id - Manisan biasanya identik dengan aneka buah, namun apa jadinya jika cabai dijadikan manisan? Jika Anda berkunjung ke Desa Krasak, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, cobalah manisan cabai milik Trisila Juwantara.

Melalui tangan Trisila, cabai merah pedas diolah menjadi manisan cabai. Cabai yang digunakan merupakan cabai khusus yang tumbuh di dataran tinggi Dieng.

Untuk membuat manisan cabai tidaklah sulit, awalnya cabai merah dikumpulkan dan dicuci, lalu dibuang dibijinya sampai benar-benar bersih. Setelah itu direbus dengan tambahan gula secukupnya selama beberapa menit. Hasilnya, rasa manis dan pedas saat menyentuh lidah akan menimbulkan cita rasa unik nan lezat.

Dikutip dari laman merdeka.com, dengan produksi menggunakan bahan mentah hingga 200 kilogram, Trisila mengaku mampu meraup omzet hingga Rp5 juta per bulan. Selain memiliki pelanggan tetap dari Wonosobo, olahan manisan cabai ini juga telah merambah daerah lain bahkan ke luar negeri seperti Malaysia dan Korea.

Selain baik untuk kesehatan jika mengonsumsinya tidak berlebihan, manisan cabai ini sangat cocok dinikmati di daerah beriklim dingin karena dapat menghangatkan tubuh.


(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section