1. HOME
  2. V-MONEY
INSPIRATORY BISNIS

Pengusaha Getuk Marem Sukses Bersama Bank BTPN

Bank BTPN memberikan pinjaman modal usaha untuk pengadaan peralatan, bahan baku, dan gaji karyawan.

By Febriyani 18 Februari 2016 09:00
Wirausaha getuk Marem (youtube.com/aris handriyanto)

Money.id - Hanggono, pemilik usaha getuk Marem di Magelang, Jawa Tengah, menceritakan kesuksesan bisnisnya bersama Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Usaha yang digeluti oleh Hanggono, yakni getuk dibuat dari ketela pohon atau singkong. Produknya diberi nama getuk Marem. Marem berasal dari Bahasa Jawa, yang berarti puas.

Awal mula usaha ini, pada saat Hanggono bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ia memanfaatkan waktu luang untuk berkarya. Usaha getuk Marem ini turun temurun dari orangtuanya.

Untuk memulai usaha ini banyak sekali kendalanya seperti masalah pemasaran dan permodalan. Dulu, getuk Marem diproduksi sekitar 30-50 dus setiap harinya namun tidak ada yang laku. Cara pengelolaan yang masih tradisional juga menjadi kendala bisnis getuk Marem.

Setelah pensiun, Hanggono menjadi nasabah Bank BTPN sejak tahun 2009. Bank BTPN memberikan pinjaman modal usaha untuk pengadaan peralatan, bahan baku, dan gaji karyawan. Selain mendapatkan modal, Hanggono juga mengubah proses produksi secara modern. Hasilnya, produksi getuk Marem meningkat dua kali lipat.

 

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section