1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Jangan Panik Ketika Rem Blong, Ini Antisipasinya

Pengetahuan untuk mengatasi kemungkinan terburuk saat rem blong sangat penting.

By Rohimat Nurbaya 29 Januari 2016 18:06
Ilustrasi rem cakram mobil (Wikimedia)

Money.id - Rem blong kerap jadi penyebab kecelakaan di jalan raya. Tidak sedikit menelan korban jiwa akibat kesalahan teknis itu. Ketika mengalami hal tersebut saat berkendara jangan panik, ada cara mengatasinya.

Pengetahuan untuk mengatasi kemungkinan terburuk saat rem blong sangat penting, pasalnya keselamatan nyawa bisa tergantung pengetahuan saat mengatasi masalah dalam keadaan darurat.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, paling utama harus dilakukan saat rem blong adalah berusaha tetap tenang, karena ketenangan itu yang akan membantu kita untuk berpikir.

Kemudian secara teknis, pertama harus dilakukan adalah memompa pedal rem untuk mengembalikan kemampuan daya cengkram rem pada mobil atau motor.

Kemudian langkah kedua adalah memindahkan gigi keposisilebih rendah sehingga laju mobil tertahan engine brake.

Ketiga adalah penggunaan rem tangan. Kita bisa menarik tuas rem tangan secara perlahan sambil menekan tombol pengunci sehingga mobil perlahan dapat mengurangi kecepatannya.

Setelah kendaraan mulai melambat, pinggirkan kendaraan dan arahkan keposisi yang lebih aman.

Rem blong bisa dicegah dengan perawatan baik terhadap setiap sistem keamanan mobil, salah satunya adalah perawatan rem. Oleh karena itu jangan lewatkan waktu servis rutin kendaraan.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section