1. HOME
  2. OTOTALK
FORD INDONESIA

Ford Motor Indonesia Hengkang, Bagaimana Nasib Diler-diler?

Kabar itu membuat banyak orang bertanya, apakah Ford akan mengakhiri penjualannya di Indonesia.

By Desy Afrianti 26 Januari 2016 16:45
Diler Ford Nusantara Jalan MT Haryono, Jakarta, Selasa (26/01/2016). Dwi Narwoko/Money.id

Money.id - Setelah Ford mengakhiri karier di Jepang, Ford Motor Indonesia (FMI) akan mengikuti jejaknya. Kabar itu membuat banyak orang bertanya, apakah Ford akan mengakhiri penjualannya di Indonesia.

Branch Manager Ford Nusantara Indonesia, Hanscoky R Sianipar mengatakan, Ford Motor Indonesia itu hanya distributor bukan produsen. Dengan demikian, bila Ford Motor Indonesia tutup, Ford Nusantara akan tetap beroperasi.

"Semua berjalan normal seperti biasanya di diler kami. Hanya ada dua grup diler mobil Ford di Jakarta yaitu Nusantara dan Auto Kreasi. Nusantara sendiri mempunyai enam cabang di Jakarta dan lima di Kalimantan," ucap pria yang biasa disapa Coky kepada money.id, Selasa 26 Januari 2016.

Menurut Coky, Ford Nusantara tidak panik mendengar bahwa Ford Motor Indonesia tutup. Kata dia, diler Ford Nusantara tidak terpengaruh apa-apa atas keputusan itu.

"Kami bisa menyiasatinya penjualan mobil asal Negeri Paman Sam itu dengan impor sendiri. Kami sudah punya perhitungan, menyesuaikan dengan harga mobil," kata Coky.

Coky memastikan Ford Motor Indonesia juga belum tutup saat ini, mereka akan tutup di antara bulan Juni atau Juli mendatang. Diler Nusantara tidak akan tutup walaupun Ford Motor Indonesia mengakhiri bisnisnya di Indonesia.

"Ford Nusantara sudah 12 tahun di Indonesia, masa kita langsung tutup saja karena Ford Motor Indonesia tutup," tutur Coky.

Coky menuturkan, Ford selama 12 tahun di Indonesia menjual sekitar 300 ribu unit. Tutupnya FMI juga tidak membuat Ford Nusantara pesimistis.

"Untuk grup lain kami tidak tahu, di Indonesia sendiri memiliki enam grup diler mobil Ford. Kalau grup lain kami tidak tahu, tetapi komitmen kami sama untuk tetap bertahan menjual produk mobil Ford di Indonesia," ujarnya.

Jika ada produk baru keluaran mobil Ford, dia mamastikan produk tersebut akan tetap ada di dilernya. "Kami akan selalu update untuk perkembangan produk baru mobil Ford."

Coky mengatakan, karyawan di Ford Nusantara tidak ada diberhentikan karena kejadian ini. Pekerja yang berhenti hanya yang bekerja di FMI, untuk diler Nusantara bekerja seperti biasa. (poy)

Laporan: Abdul Kharis

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section