1. HOME
  2. OTOTALK
FORD INDONESIA

Perjalanan Panjang Ford di Indonesia

Ford memiliki beberapa mobil legendaris, paling tenar di Indonesia adalah Ford Ranger dan EcoSport.

By Rohimat Nurbaya 26 Januari 2016 15:07
Logo Ford (Ford.com)

Money.id - Ford merupakan produsen mobil asal Amerika Serikat. Di negeri asalnya, Ford telah menciptakan banyak mobil legendaris, salah satunya adalah Ford Mustang. Mobil itu sempat diklaim sebagai mobil tercepat.

Kehebatan Ford Mustang bisa disaksikan dalam salah satu adegan film action Fast And Furious. Mobil itu dikendarai salah satu jagoan dalam film tersebut bernama Dominic Toretto yang diperankan Vin Diesel.

Saking cepatnya akselerasi mobil itu, dalam film tersebut Ford Mustang milik Dominic Toretto dua roda depannya bisa mengangkat saat start balapan.

Tak hanya di Amerika, Ford di Indonesia memiliki beberapa mobil legendaris, salah satunya Ford Ranger. Mobil berbentuk truk tersebut banyak digunakan oleh para pengusaha tambang.

Ford Ranger dikenal sangat handal di medan berbatu dan berlumpur, bentuk bodi yang besar dengan sasis tinggi membuat mobil tersebut sangat diandalkan ketika berkendara di hutan atau gunung.

Kemudian untuk segmen mobil SUV Ford EcoSport berkontribusi paling besar pada penjualan mobil asal Amerika tersebut. Pada 2015 mobil tersebut menembus angka penjualan 2.713 unit.

Ford Indonesia

Dikutip dari laman resminya, Ford pertama datang ke Indonesia pada 1989 saat itu saat itu masih bentuk perwakilan yakni Indonesia Republic Motor Company (IRMC). Kemudian pada Juli 2000, PT Ford Motor Indonesia resmi berdiri sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia.

Sejak munculnya ATPM Ford di Indonesia, produsen mobil asal Amerika Serikat itu berhasil memberikan warna baru dalam persaingan pasar otomotif di Tanah Air.

Pada masa awal beroperasi di Indonesia, Ford memasarkan beragam produk di seperti Telstar, TX-3, TX-5, Cortina, dan Laser. Dari deretan mobil-mobil tersebut, Ford Laser adalah salah satu yang tersukses.

Ford Laser pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 1986 melalui importir PT Harapan Mobil Nusantara (HMN) selaku distributor utama PT Indonesia Republic Motor Company (IRMC). Lalu, pada 1998 Ford Laser mulai dijual ke perusahaan-perusahaan taksi di Indonesia.

Menurut data yang diungkapkan mantan Sales & Marketing Manager di PT Harapan Mobil Nusantara (HMN), Robby Ludong, dan dikuti dari laman Ford Laser Community, pada masa emasnya penjualan Ford Laser bisa mencapai 2.400 sampai 4.000 unit per tahunnya.

Sayangnya, era gemilang Ford Laser tak berhasil dilanjutkan oleh seri-seri mobil Ford lainnya di Indonesia. Masifnya ekspansi merek mobil Jepang membuat Ford kian tersisihkan.

Ford memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan Ford sepanjang 2015 mencapai angka 4.986 unit. Dari beberapa mobil Ford dipasarkan di Indonesia EcoSport berkontribusi paling besar dengan angka penjualan mencapai 2.713 unit.

Rata-rata penjualan per bulan sekitar 300 per unit. Penjualan tertinggi terjadi pada bulan September yang mencapai 889 unit.

Angka penjualan tersebut memang, turun lebih dari 50 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada 2014, Ford Indonesia berhasil menjual sebanyak 12.008 unit kendaraan.

Semua mobil Ford di Indonesia diimpor dari luar negeri, pasalnya tidak ada pabrik perakitan Ford di Indonesia. Karena kondisi tersebut Ford sangat rentan terhadap tekanan kondisi ekonomi global.

Kini perjalanan Ford di Indonesia harus terhenti. Manajemen PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengirimkan surat kepada para konsumen dan dealer di seluruh Indonesia bahwa penjualan mobil Ford di Indonesia akan dihentikan pada paruh kedua 2016.

(Berbagai Sumber)

 

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section