1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Cara Bijak Memilih Ban Mobil Agar Anda Tak Rugi

Ketika memilih ban tidak sesuai umur pakai akan menjadi lebih pendek dan saat dipakai jadi tidak nyaman.

By Rohimat Nurbaya 19 Januari 2016 13:20
Ilustrasi ban (Toyota Astra Motor)

Money.id - Secara umum, ban mobil terdiri dari dua jenis yakni, radial dan biasa. Tentunya kedua jenis ban tersebut memiliki spesifikasi dan kelebihan masing-masing. 

Perlu Anda catat, membeli ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan malah merugikan Anda sebagai pemakai. Karena, umur pakai ban jadi lebih pendek dan ban tidak nyaman saat dipakai.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra Motor, perbedaan antara ban radial dan biasa ini hubungannya sangat erat pada jenis mobil digunakan. Biasanya ban digunakan ada kodenya, misalnya 6.00-14 6PR.

Angka 6.00 menunjukkan lebar penampang ban dalam satuan inchi (lk 153 mm). Kemudian angka 14 adalah diameter dari ring (pelek) dalam satuan inchi.

Kemudian PR adalah kepanjangan dari ply-cord. Tanda tesebut menunjukan berapa lapis ply-cord yang digunakan pada ban itu. Kode tersebut menunjukkan suatu ban dengan beban maksimum yang diizinkan.

Misalnya ban dengan kode 4PR, ban tersebut dapat menerima beban maksimum 615 kg setiap ban, pada tekanan angin 47 psi.

Kemudian ada ban dengan kode 185/70 SR 13 dan 185/60 HR14. Ban dengan huruf R ini menunjukkan bahwa jenis ban ini adalah radial yang khusus digunakan pada mobil penumpang sedan. Huruf S dengan diameter velk 13 inchi menandakan bahwa kecepatan maksimal ban ini adalah 175 km/jam.

Sedangkan huruf H sampai 210 km/jam dan V untuk kecepatan di atas 210 km/jam. Tekanan angin antara 28 sampai 30 psi dan beban maksimum yang dapat diterima 400 kg/tiap hari.

Angka 70 dan 60 adalah aspek rasiodari ban atau tinggi berbanding lebar penampang ban. Sedangkan 185 adalah lebar penampang ban dalam millimeter.

Lalu terakhir ban dengan kode 175 R 13 6PR (LT & COMMERCIAl). Ban ini sangat cocok untuk kendaraan minibus karena sifatnya radial yang memberikan kenyamanan.

Tentunya tidak mengabaikan stabilitas, sesuai dengan permintaan pabrik pembuat mobil. Hal ini karena daya dukung terhadap beban keseluruhan mobil yang bisa mencapai 2.100 kg. Di samping itu permintaan pabrik bahwa tekanan ban depan 28 psi dan belakang 49 psi dapat di penuhi (2Kg/CM2 dan 3,5 Kg/CM2).

Tulisan 6PR menunjukkan tekanan angin yang diizinkan sampai 50 psi dan beban yang dapat diterima oleh setiap ban 525 kg. Sedangkan LT adalah singkatan dari Light Truck. ((ita)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section