1. HOME
  2. OTOTALK
TOYOTA

Avanza Jadi Mobil Terlaris Toyota 2015

Toyota Avanza berhasil mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris dengan angka penjualan 133.153 unit.

By Rohimat Nurbaya 15 Januari 2016 17:17
Toyota Avanza (Toyota Astra Motor)

Money.id - PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan total penjualan whole sales sebanyak 321.818 unit dengan market share 31,8 persen sepanjang 2015.

“Kami berterima kasih kepada pelanggan, meski sama-sama menghadapi situasi perekonomian yang kurang mengembirakan," Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam keterangan pers yang diterima Money.id.

Hal itu, menurut dia, menandakan kepercayaan konsumen terhadap Toyota masih sangat kuat sehingga bisa mempertahankan posisi sebagai market leader dengan pangsa pasar sesuai target.

Dari data pasar ritel penjualan TAM di segmen kendaraan penumpang mencapai 310.314 unit, sehingga menempatkan pangsa pasar Toyota di posisi 41,2 persen dari total penjualan segmen kendaraan penumpang secara nasional.

Pada penjualan ritel, kontribusi terbesar dari segmen kendaraan Multy Purpose Vehicle (MPV) dengan total penjualan mencapai 181.730 unit dengan pangsa pasar 48 persen.

"Di segmen ini, Toyota Avanza berhasil mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris dengan angka penjualan 133.153 unit," ujar dia.

Dengan angka penjualan tersebut, Toyota Avanza berhasil menguasai 45,7 persen penjualan di segmen low MPV. Khusus pada Desember 2015, Toyota Avanza bahkan mencatatkan angka penjualan ritel hampir 16.000 unit.

"Itu jadi penjualan tertinggi MPV tersebut sepanjang 2015," katanya.

Sementara itu, Toyota Innova juga menjadi backbone lainnya di segmen MPV dengan total penjualan ritel 45.411 unit dan menguasai pangsa pasar 87,1 persen dari total penjualan di segmen medium MPV.

Sejak diluncurkan pada 23 November hingga akhir Desember 2015, All New Kijang Innova mampu membukukan SPK hampir 13.000 unit.

Kemudian pada segmen luxury MPV, angka penjulan Toyota Alphard tercatat mengalami pertumbuhan sangat signifikan menjadi 2.673 unit dengan pangsa pasar 83,5 persen dan di segmen high MPV Toyota NAV1 membukukan penjualan 493 unit dengan pangsa pasar 10,9 persen.

Hatcback dan LCGC

Sementara itu di segmen Hatchback, total penjualan Toyota tercatat 80.700 unit yang berasal dari penjualan Agya, Etios, dan Yaris yang berhasil menjadi andalan Toyota di segmen masing-masing.

"Toyota Agya berhasil mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris di segmen entry Hatchback," terangnya.

Dengan angka penjualan 56.583 unit Toyota Agya memberikan kontribusi sekitar 38,8 persen terhadap pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang menjadi program pengembangan industri otomotif nasional oleh pemerintah.

Kemudian, Toyota Yaris jadi mobil dengan penjualan mobil tertinggi di segmen medium Hatchback dengan angka 18.372 unit dengan pangsa pasar 39,1 persen. Sementara penjualan Toyota Etios tercatat 5.745 unit dengan pangsa pasar 16,5 persen.

Untuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) total penjualan mencapai 38.178 unit dengan pangsa pasar 29,4 persen.

"Angka ini berasal dari penjualan Rush dan Fortuner masing-masing sebanyak 26.422 unit dan 11.756 unit," jelasnya.

Segmen sedan

Pada segmen Sedan, TAM membukukan total penjualan ritel 8.802 unit dengan pangsa pasar 51,1 persen. Segmen entry Sedan, angka penjualan Toyota Vios sebesar 1.510 unit dan Limo 4.569 unit berhasil menguasai pasar sedan private dan public dengan pangsa pasar masing-masing 44,5 persen dan 96,7 persen.

Segmen low Sedan penjualan Toyota Corolla Altis tercatat sebanyak 1.239 unit dengan market shares 58,7 persen dan sedan medium Toyota Camry 1.419 unit dengan market shares 58,4 persen.

Henry mengakui, hasil yang diraih selama 2015 tersebut juga tidak lepas dari upaya Toyota mengimplementasikan semangat Let’s Go Beyond, baik dari segi teknologi, produk, maupun layanan.

"Semangat ini mendasari komitmen TAM untuk senantiasa memberikan produk dan layanan yang mampu melebihi ekspektasi konsumen," katanya. (ita)


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section