1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Trik Modifikasi Knalpot Agar Suara Mobil Terdengar Garang

Mengganti knalpot tidak bisa dilakukan sembarangan, ada beberapa aspek harus diperhitungkan.

By Rohimat Nurbaya 21 Januari 2016 07:15
Ilustrasi knalpot mobil (orlandoautomotivefamily)

Money.id - Ketika melakukan modifikasi pada mobil perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan. Modifikasi murah paling digemari pecinta otomotif adalah mengganti knalpot. Tujuanya supaya suara mobil terdengar garang.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, saat hendak melakukan modifikasi pada knalpot mobil perlu memperhatikan beberapa aspek. Pasalnya penggantian pipa knalpot mobil tidak bisa dilakukan sembarangan.

Pipa knalpot merupakan bagian terpanjang dalam struktur knalpot, apabila sampai salah pasang akan berakibat buruk pada sistem pembuangan gas mobil.

Pipa knalpot memiliki tiga fungsi yakni, sebagai jalur pembuangan gas, menyamakan tekanan gas, kemudian menjaga back pressure agar selalu dalam kondisi serendah-rendahnya.

Tujuan back pressure harus dijaga supaya tetap rendah agar tidak memberikan kerugian pada output akhir. Apabila hendak mengganti pipa knalpot, alangkah baiknya mencoba dengan menambah diamaternya terlebih dahulu supaya menjadi lebih lancar.

Kemudian pilih pipa lebih kuat, misalnya yang terbuat dari alumunized dan Monel. Selain itu bisa juga memodifikasi bagian lain dari knalpot ini yang disebut silencer.

Silencer sendiri berguna untuk mengatur tekanan gas buang dan mengatur karakter suara yang diinginkan.

Kebanyakan produsen mobil sudah memasang silencer dengan desain yang sesuai dengan kebutuhan modifikasi. Ketika ingin mendapatkan suara mesin yang berbeda dan unik, bisa melakukan modifikasi pada silencer saja.

Kemudian ketika memilih desain dari knalpot harus mempertimbangkan juga efeknya terhadap performa mesin kendaraan. Banyak kasus di mana mesin mobil menjadi lemah karena desain knalpot tidak sesuai dengan karakter mesin. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section