1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Berkendara, Jangan Sepelekan Hal Kecil Ini

Sikap yang buruk di jalan raya bisa menyebabkan kecelakaan loh. Percuma Anda punya motor gede yang keren jika...

By Dian Rosalina 25 Oktober 2015 13:01
Ilustrasi berkendara (Pixabay)

Money.id - Terkadang, pengemudi jarang memperhatikan hal-hal kecil saat berkendara di jalanan. Padahal, kesalahan kecil kadang berujung maut.

Misalnya, tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, traffic light, atau attidude buruk di jalan raya. Hal tersebut bisa saja mengganggu kenyamanan pengendara dan para pejalan kaki atau bahkan menyebabkan kecelakaan.

Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk menunjukkan bahwa berkendara yang baik selain memiliki surat-surat kendaraan lengkap dan surat izin mengemudi. Heret Frasthio, pemilik brand fashion bikers Elders Company memberikan beberapa saran berkendara dengan baik di jalan raya:

Hormati pengguna jalan lain
Meski Anda membawa motor besar atau motor kecil, dahulukanlah hal prioritas di jalan raya. Seperti saat lampu merah menyala, berhentilah di belakang garis dan memberikan kesempatan untuk pejalan kaki untuk menyeberang.

Bersikap baik
Tidak banyak orang yang tahu bahwa berkendara butuh sikap yang baik. Misalnya bila terjadi kemacetan yang panjang, tidak perlu menekan klakson kendaraan Anda berkali-kali. Anda kan sudah tahu kondisi jalanan saat itu. Lagipula, kemacetan tidak akan terurai dengan Anda hanya memencet klakson.

Patuhi rambu lalu lintas
Maraknya pengendara di bawah umur yang belum mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas, menyebabkan banyak kecelakaan. Tidak peduli seberapa bagus motor Anda, bila melanggar lalu lintas, Anda tidak mencerminkan warga negara yang baik.

Gunakan baju yang tepat
Pengendara khususnya sepeda motor terkadang kurang memperhatikan pakaian yang mereka pakai, seperti kelengkapan berkendara, helm, sarung tangan, jaket dan sepatu. Benda-benda tersebut adalah benda yang wajib Anda miliki saat berkendara.

Jangan sampai Anda hanya memakai sandal saat mengendarai sepeda motor atau bahkan tidak memakai helm. Karena bukan Anda saja yang merasa dirugikan, namun orang lain juga bila terjadi kecelakaan.

"Meski motor Anda hanya sebatas motor bebek tua, jika Anda mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memiliki sikap yang bagus saat di jalan raya, Anda akan menaikkan derajat diri Anda sendiri. Dengan menghormati hak pengguna jalan lain, mungkin kita sudah menyelamatkan nyawa banyak orang. Namun bila kita ugal-ugalan dalam berkendara, bisa menyebabkan kecelakaan," kata Heret. (ita)

 Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(im/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Ototalk Section