1. HOME
  2. OTOTALK

Di Negara Ini, Motor Halal Masuk Jalur Busway

Regulasi ini masih diterapkan dalam bentuk uji coba selama sembilan bulan.

By Adhi 13 Oktober 2015 20:00
Jalur busway di Edinburgh, Skotlandia (morebikes.co.uk)

Money.id - Anda seorang pengendara motor (bikers)? Sering masuk jalur khusus bus (busway)? Jawabannya mungkin ada yang iya dan ada pula yang tidak. Apapun itu, di Jakarta, peraturan yang ada tidak memperbolehkan kendaraan pribadi, ataupun kendaraan umum selain bus Trans Jakarta, masuk ke dalam jalur busway.

Faktanya, penerapan jalur khusus bus tidak hanya ada di Jakarta. Di beberapa negara lain sistem jalur khusus bus juga diterapkan.

Uniknya, di Edinburgh, Skotlandia, dilaporkan bahwa kendara lain diperbolehkan untuk melenggang di jalur khusus bus. Otoritas berwenang di ibukota Skotlandia itu memperbolehkan pemotor dan pesepeda masuk jalur khusus bus tersebut. Hal ini mereka lakukan agar para pemotor dan pesepeda dapat menempuh perjalanan dengan lebih cepat dan aman.

"Membiarkan pemotor menggunakan jalur bus membuat perjalanan mereka lebih aman dan lebih cepat. Selain itu, cara ini juga tidak berdampak buruk pada operasional bus," jelas Anggota Seksi Transportasi Dewan Kota Edinburgh, Lesley Hinds, seperti yang dikutip dari laman BBC News, Selasa, 13 Oktober 2015.

Akan tetapi, regulasi tersebut masih diterapkan dalam bentuk uji coba selama sembilan bulan. Pemotor dan pesepeda diperbolehkan untuk melintas di jalur khusus bus dengan total jarak 64 km.

"Ini dilakukan untuk melihat dampak kebijakan bagi seluruh pengguna jalan lainnya," tambah Lesley.

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section