1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Deretan Mobil Kargo Handal di Indonesia

Mobil-mobil tersebut biasanya menggunakan kekuatan suspensi, mesin tahan lama dan bak lebar.

By Rohimat Nurbaya 6 Oktober 2015 14:00
Mobi pick up paling populer di Indonesia (Foto: berbagai sumber)

Money.id - Mobil niaga bak terbuka dipilih pengusaha sebagai kendaraan operasional. Fitur utama mobil ini mengarah pada ketangguhan, sebab akan digunakan mengangkut barang guna memperlancar mobilitas bisnis.

Selain digunakan pengusaha, mobil bak terbuka biasa digunakan petani di pedesaan mengangkut hasil bumi.  Faktor utama dilihat pelaku bisnis dari mobil bak terbuka biasanya, pertama suspensi kuat, mesin tahan lama dan bak lebar serta bisa dibuka di semua sisi.  

Dihimpun Money.id dari berbagai sumber, ada lima mobil bak terbuka jadi primadona para pelaku binis dan petani, baik di kota maupun desa.

1. Daihatsu Gran Max

Foto: Daihatsu.com

Mobil ini pertama kali diproduksi pada 2010 dalam keadaan CKD (Complet Knock Down) dari Jepang. Daihatsu Grand Max bak terbuka dibekali mesin 3SZ-VE, DOHC VVT-i, water cooler, 4 Cylinder in-Line, 16 Valves dengan kapasitas 1.495 cc.

Bahan bakar di mesin mobil tersebut diolah dengan sistem pembakaran injection. Kemudian dilengkapi dengan lima percepatan.

Untuk suspensi, pada bagian depan menggunakan MacPherson Struts with Coil Spring, sedangkan pada bagian belakang Rigid Axle with Coil Spring. Ukuran bak yang digunakan standar.

2. Suzuki Carry 1.5

Foto: Suzuki.co.id

Mobil ini terdiri dari dua tipe yakni, wide deck dan flat deck. Suzuki Carry 1.5 dibekali mesin 1.500cc dikombinasikan dengan transmisi manual lima percepatan.

Mobil tersebut dikenal memiliki perawatan mudah dan murah. Kemudian suku cadang mudah didapat serta irit bahan bakar. Suzuki Carry 1.5 memiliki standar Emisi Euro-2 dan dianggap sudah ramah lingkungan

3. Suzuki Mega Carry

Foto:Suzuki.co.id

Suzuki tidak ada habisnya berinovasi dengan mobil niaga. Suzuki Carry Mega merupakan produk pengganti Suzuki Carry Pickup.

Salah satu keunggulan mobil ini adalah memiliki daya muat lebih besar. Apabila Suzuki Carry 1.5 bisa memuat barang 1,2 ton,  Suzuki Mega Carry mampu memuat barang hingga 1,5 ton.

Suzuki Mega Carry dibekali mesin tipe G15A 16 valve dengan kapasitas silinder 1.500 cc. Mobil ini memiliki panjang keseluruhan 4.155 mm, panjang bak 2.200 mm dan lebar 1.585 mm. Kemudian memiliki tinggi bak 365 mm.

Untuk tangki bahan bakar bisa memuat 45 liter dengan jarak tempuh 12,6 Km per liter bensin.

4. Mitsubishi Colt T 120 SS

Foto: Otosia.com

Mobil ini memiliki dimensi lebih kecil dibanding kompetitor lainnya. Ketangguhan menjadi nilai jual utama Mitsubishi Colt T 120 SS.

Dengan dibekali mesin 1.486 cc mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 86 hp dan torsi maksimalnya sebesar 120 Nm.

Mobil dengan lima percepatan manual ini jadi andalan bagi para pengusaha yang tidak ingin ribet dengan mobil bak terbuka besar.

5. Mitsubishi Colt L300

Foto: Srikandi.com

Mitsubishi Colt L300 tersedia dalam dua jenis bahan bakar, yakini mesin bahan bakar solar dan mesin bahan bakar bensin.

Dua tipe mesin itu tidak jauh beda dalam hal kinerja. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.  

Colt L300 bensin memiliki keunggulan akselerasi dan kekurangan pada lintasan yang berat dan panjang. L300 bermesin bensin juga lebih boros saat mengangkut beban berat dan medan kurang rata seperti berbatu dan menanjak.

Sedangkan Colt L300 diesel memiliki mesin lebih bandel, bahan bakar lebih irit. Kekurangannya getaran mesin lebih besar.

Mitsubishi Colt L300 bermesin 2477 cc dengan transmisi manual lima percepatan, sistem rem L300 bagian depan menggunakan cakram dan bagian belakang menggunakan tromol. (ita)

(Berbagai Sumber)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section