1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

15 Desain Mobil yang Ubah Industri Otomotif Dunia (3-Habis)

Beberapa dari mobil tersebut merupakan mobil tercepat dengan mesin canggih. Ada juga mobil ramah lingkungan pertama yang diproduksi massal.

By Rohimat Nurbaya 22 Oktober 2015 15:30
Mobil mengispirasi industri otomotif dunia (Foto: lachlansear/xaina.sweet/sfisher71)

Money.id - Mobil dikembangkan sejak satu abad lalu. Kini berkembang tidak hanya jadi alat trasportasi, tetapi digunakan untuk gaya bahkan olah raga.

Seperti dikutip carophile.com, saat ini, mesin mobil didesain dengan barbagai regulasi salah satunya harus ramah lingkungan. Berikut beberapa desain mobil menginspirasi perkembangan industri otomotif di dunia.

11. Ford Mustang - 1964

Foto: lachlansear

Ford Mustang 1964 diproduksi Ford Falcon. Mobil tersebut memiliki konsep ekonomis dan murah, tetapi memiliki desain dengan kap lebih panjang dan dek pendek, sehingga membuat mobil tersebut lebih terlihat bertenaga dan enak dilihat.

Ford Mustang 1964  terdiri dari berbagai pilihan tioe V8 yang bisa dipilih. Mobil tersebut dibuat dengan konsep mobil sport, bukan mobil keluarga.

Mobil tersebut paling laris dibanding mobil dibuat Ford lain, setelah mobil Ford Model A sempat tenar pada 1931. Ford Mustang merupakan mobil sport paling laris di pasaran pada jamannya.

12. Chevrolet El Camino SS 454 LS6 - 1970

Foto: coconv

El Camino hadir sekitar 1959, tetapi mobil tersebut beredar di pasaran tidak lama. Karena pada 1970 sudah tidak ada. Mobil tersebut merupakan memiliki kecepatan tinggi dan dilengkapi tempat tidur.

Mobi itu dibekali mesin V8 dengan blok sangat besar sehingga megeluarkan kekuatan hingga 450 tenaga kuda. Mobil itu disebut jadi mobil tercepat sepanjang waktu.

El Camino SS 454 LS6 dibuat sama persis dengan versi sebelumnya yakni, SS454 baik dari interior hingga eksterior dan tempat tidur di dalamnya.

Hanya saja pada versi ini ada sedikit perubahan, bagian depan menggunakan kap berbentuk kubah dan diberi cat warna hitam. Kemudian grille berbebentuk V dan speedo meter berbentuk bulat.

Untuk El Camino SS454 LS6 beberapa bagian masih sama seperti tipe SS masih sama yakni menggunakan suspensi F41 spesial, serta dilengkapi dua knalpot. Pada bagian pengereman roda depan menggunakan sudah menggunakan disc brake.

13. Audi Sport Quatro - 1980

Foto: sfisher71

Audi Sport Quatro merupakan mobil sangat populer di kalangan pembalap rally. Mobil itu pertama dikenalkan dalam motor show di Geneva pada 1980.

Audi Sport Quatro adalah mobil pertama  dilengkapi 4WD dalam kompetisi rally. Dengan teknologi itu terbukti cukup mendominasi dalam setiap kejuaraan selama tiga tahun.

Mobil itu sejak awal memang didesain untuk balapan guna melahirkan banyak juara. Mobil tersebut sangat efektif untuk di berbagai medan.

14. Chrysler Minivan - 1984

Foto: harry_nl

Chrysler Minivan diperkenalkan pada 1984, mobil itu jadi revolusi mobil keluarga di Amerika serikat. Dalam waktu singkat mobil tersebut dipilih menjadi salah satu kedaraan idaman keluarga. Saat itu tidak terlalu banyak perusahaan mobil membuat mobil minivans.

Mobil tersebut menggunakan mesin di depan untuk menggerakan roda belakang atau biasa disebut Rear Wheel Drive (RWD). Mobil ini dikenal memiliki traksi lebih baik untuk karakter mengemudi lebih nyaman.

15. Toyota Prius - 1997

Foto: xaina.sweet

Pada 1995 Toyota mengeluarkan debut mobil konsep hybrid di Tokyo Motor Show. Mobil tersebut satu tahun sebelumnya sudah diuji  lebih dulu.

Toyota Prius pertama dikeluarkan tipe NHW10. Saat itu diluncurkan pada 1997. Generasi pertama mobil itu jadi kendaraan ramah lingkungan paling awal diluncurkan.

Sejak pertamakali dikenalkan, mobil tersebut memenangkan berbagai penghargaan diantaranya Car of The Years Japan Award. Kemudian pada 1998 memenangkan penghargaan Automotive Researches and Jounalist Conference Car of the Year Award.

California Air Resources Board menempatkan Toyota Prius sebagai mobil paling ramah lingkungan dijual di Amerika Serikat. Hal itu dihitung berdasarkan asap pembuangan mobil tersebut.

Saat diluncurkan pada 1997, sudah dijual semua dealer Toyota di Jepang. Mobil itu jadi kendaraan hybrid pertama diproduksi massal. 

Mobil tersebut diperkenalkan pada 2000 lalu. Saat ini Prius dijual lebih dari di 70 negara, pasar terbesar mobil tersebut Jepang dan Amerika Serikat.

Pada 2011 Toyota memperbanyak model prius. Salah satunya membuat tipe V. Tipe tersebut merupakan mobil tipe hatchback wagon.

Mobil berbasis sedan tersebut atap belakangnya dipanjangkan sampai ke atas bagasi bagian belakang, tetapi sedikit lebih pendek dari pintu bagasi.

Tipe lainnya adalah, Toyota Prius tipe C . Mobil tersebut didesain dengan sub-compact hatchback. Jadi mobil yang berbasis sedan tersebut bagian belakangnya lebih pendek dari bagasi serta menyatu dengan kaca.

Toyota Prius dengan jenis tersebut mulai diperkenalkan pada 2012. Baru saja dua tahun mobil tersebut dipasarkan penjualannya sudah mencapai 5 juta unit mobil. Jumlah tersebut merupakan 70 persen dari 7 juta mobil hibrida yang mulai diproduksi dari sejak 1997.

Dari tiga tipe Toyota Prius yang ada memiliki tiga karakter konsumsi bahan bakar berbeda. Prius tipe C merupakan mobil dengan bahan bakar cukup efisien.

Prius liftback yang atapnya lebih pendek dan kaca bagasi lebih landai atau miring merupakan mobil hemat bahan bakar. Kemudian Prius tipe V merupakan mobil paling hemat bahan bakar.

Prius generasi berikutanya saat ini sedang dirancang untuk memberikan secara signifikan meningkatkan ke pembakaran lebih hemat, kemudian lebih ringan dan harganya murah. 

Rencana tersebut sedang terus dilaksanakan dan pengembangannya mengarah kepada mobil berbahan bakar listrik dan teknologi pengolahan bahan bakar minyak lebih modern.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section