1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Tips Jitu Cari Mobil Bekas

Ada lima pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil bekas.

By Rohimat Nurbaya 24 Oktober 2015 10:46
Ilustrasi mobil bekas (Foto: mobil88.astra.co.id)

Money.id - Memilih mobil bekas ternyata tidak mudah, banyak hal harus dipertimbangkan ketika sebuah mobil akan dibeli. Tidak hanya dari segi harga dan fisik saja, masih ada faktor lain perlu dipertimbangkan.

Chief Operating Officer (C00) Mobil 88, Halomoan Fischer mengatakan, ada lima pertimbangan perlu diperhatikan ketika memilih mobil bekas, terutama bila mobil tersebut dibeli dari showroom tidak berbadan hukum.

"Mengecek mobil bekas perlu keahlian khusus supaya mengetahui penjual tidak menipu," kata Fischer di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pertama harus diperhitungkan adalah sejarah mobil. Pembeli mobil bekas wajib mengetahui asal usul kendaraan akan dibeli, mulai dari pemilik pertama hingga dijual.

"Harus ditelusuri secara detail, jangan sampai mobil itu hasil curian, penggelapan, korupsi, pernah digunakan melakukan kriminal dan lainnya, itu bisa bermasalah," terangnya.

Kedua, melihat kondisi mobil. Ketika membeli mobil bekas bukan berbicara masalah merek tetapi keadaan terakhir kendaraan itu, baik dari body mobil dan mesin. Serta paling penting adalah status hukum mobil tersebut.

"Mobil bekas kondisi fisik bagus tapi administrasi bermasalah malah bisa ditarik institusi penegak hukum," tutur dia.

Ketiga, mobil tersebut jangan pernah mengalami tabrakan atau kecelakaan parah hingga mengubah struktur kendaraan. Serta tidak bekas kebanjiran.

"Mobil sekarang ini mayoritas sudah menggunakan komputerisasi. Kalau pernah kena banjir pada bagian elektronik," ucap dia.

Keempat, mengecek dokumen perawatan mobil. Paling utama harus dilakukan dengan menyamakan kilometer saat service terakhir dengan saat mobil dibeli. Sebab, menurut Fischer banyak oknum showroom nakal memutar kilometer di mobil.

"Kalau mobil masih menggunakan kilometer manual bisa dilihat kasat mata, tapi kalau digital susah karena menggunakan software," jelasnya.

Kelima, rangka dan dokumen sama. Cara satu-satunya dengan mengecek langsung secara teliti nomor rangka dengan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Beli mobil bekas itu menguntungkan karena harga lebih murah. Tapi harus meminimalisir risiko dengan memperhatikan cara tadi," terangnya. (dwq)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section