1. HOME
  2. NEWS
FACEBOOK

Facebook Diblokir Selama Akhir Pekan

Sejumlah masyarakat berunjuk rasa melalui Facebook terkait adanya pencemaran lingkungan.

By Rizki Astuti 22 Mei 2016 12:57
Facebook (flicker.com/eston)

Money.id - Faktanya media sosial memudahkan komunikasi jarak jauh alias mampu menghubungkan satu orang dengan orang lainnya dari berbagai belahan dunia. Namun bagaimana jadinya bila media sosial seperti Facebook diblokir selama akhir pekan?

Hal tersebut dilakukan Pemerintah Vietnam, karena Facebook digunakan masyarakatnya sebagai aksi unjuk rasa. Jadi apa yang membuat warga Vietnam melakukan protes melalui Facebook?

Vietnam Blokir Facebook
© 2016 money.id/techcrunch.com

Dikutip laman Ubergizmo, Minggu 22 Mei 2016, setelah diselidiki unjuk rasa itu terkait bencana lingkungan di mana pabrik baja milik perusahaan Taiwan membuang limbah beracun ke sungai.

Akibatnya, sungai dan tambak ikan disekitar komplek pabrik baja itu tercemar sehingga menyebabkan kematian ikan secara massal. Formosa, perusahaan asal Taiwan tersebut membantah tudingan tersebut. 

Sementara pemerintah setempat menjelaskan bahwa kematian ikan erat kaitannya dengan mekarnya ganggang yang mengandung racun. Meski telah memberi alasan lain dari pencemaran tersebut, para pengunjuk rasa kesal lantaran pemerintah dan perusahaan tersebut, belum memberikan solusi yang berarti.

Sebelumnya pada 2014, hal serupa pernah terjadi. Pemerintah China memblokir akses ke Instagram untuk mencegah warganya melihat protes yang terjadi di Hong Kong. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section