1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

'Semua Orang' Pakai WhatsApp, Bagaimana Nasib SMS?

Pertumbuhan WhatsApp dan Facebook Messenger sangat mempengaruhi layanan SMS.

By Adhi 15 April 2016 14:04
Ilustrasi SMS (mashable.com)

Money.id - Konferensi F8 2016 Developer yang digelar Facebook ternyata tidak hanya menjadi panggung bagi Mark Zuckerberg untuk menunjukkan cita-citanya pada dunia dalam 10 tahun ke depan.

Di atas panggung, pendiri sekaligus CEO Facebook itu juga memamerkan beberapa pencapaian besar dari sejumlah aplikasi miliknya, khususnya WhatsApp.

Dilansir laman Techcrunch, Jumat 15 April 2016, Zuck --sapaan akrab Zuckerberg-- mengatakan bahwa aplikasi pesan instan andalannya itu menjadi tempat berbagi 60 miliar pesan per harinya. Jumlah yang hampri serupa, klaim Zuck, juga dicapai oleh aplikasi chatting Facebook Messenger.

Pertumbuhan WhatsApp dan Facebook Messengger pun sangat mempengaruhi layanan SMS. Menurut data yang dimiliki Facebook, saat ini warga dunia hanya mengirimkan 20 miliar SMS per hari. Jumlah tersebut tidak banyak tumbuh dari periode yang sama di tahun lalu, alias stagnan.

Sejak April tahun 2015 lalu, WhatsApp memang membukukan pertambahan pengguna yang cukup signifikan, yakni 300 juta orang.

Jadi, kini WhatsApp total mempunyai lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Sementara untuk Facebook Messenger bertambah 200 juta sejak tahun lalu menjadi 900 juta pengguna aktif. (poy)

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section