1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Evercoss Ajak Anak Bermain Sambil Belajar via Aplikasi

Dengan sistem penilaian yang unik membuat pengguna akan terus penasaran untuk mencoba permainan ini.

By Adhi 14 April 2016 19:02
Peluncuran aplikasi Evercoss ECBook (Adhi/money.id)

Money.id - Setelah dirilis beberapa waktu lalu, ECBook, aplikasi pendukung pendidikan dari Evercoss, sekarang menambahkan fitur baru yang diberi nama  'Adu Pintar'.

Fitur Adu Pintar ini merupakan suatu permainan tanya jawab mengenai pengetahun umum yang disajikan dengan cara menyenangkan. Pengguna secara tidak sadar akan mendapatkan ilmu baru dari pertanyaan-pertanyaan yang disajikan.

Dalam permainan tersebut, pengguna akan diberi lima pertanyaan setiap paket dan diberi tahu jawaban yang benar jika salah menjawab. Setelah selesai menjawab satu paket, pengguna akan mendapatkan nilai berdasarkan dari jawaban yang dia dipilih.

Lucunya, jika kita mendapat nilai 3-5, maka Avery (emoticon Evercoss) akan berjoget merayakan kesuksesan kita. Sebaliknya jika kita mendapatkan nilai di bawah 3, maka Avery akan menangis sedih.

Pengguna dapat melihat hasil permainan di daftar prestasi yang bisa dilihat per minggu dan per bulan. Hasil prestasi ini juga dapat dilihat berdasarkan per individu atau per sekolah.

Daftar prestasi ini dapat menumbuhkan rasa kebanggaan sehingga penggunanya merasa penasaran untuk terus mencoba permainan ‘Adu Pintar’ ini.

Sementara ini, ada lima kategori pengetahuan umum yang menjadi materi permainan ‘Adu Pintar’, yaitu Flora & Fauna, Sejarah, Seputar Indonesia, Olahraga, Teknologi. Nantinya materi tersebut akan terus di-update dan ditambah kategori.

Untuk ikutan permainan ‘Adu Pintar’ ini sagatlah mudah. Setelah mengunduh dan memasang aplikasi ECBOOK dari Google Play, di menu utama ECBOOK akan tampil salah satu fitur Adu Pintar.  Klik dan pilih fitur tersebut. Selanjutnya kamu diminta untuk melengkapi profile di kolom yang sudah disediakan.

Kezia Mareshah, Head Public Relation Evercoss mengatakan bahwa  permainan Adu Pintar bermanfaat untuk merangsang minat pelajar terhadap pengetahuan umum. Biasanya para pelajar sedikit sulit untuk disuruh belajar.

"Bermain sambil belajar akan lebih menyenangkan buat mereka. Dengan permainan Adu Pintar ini, para pelajar secara tidak sadar akan mendapatkan ilmu baru," kata Kezia, Kamis 14 April 2016.

Buku elektronik

Beberapa fitur ECBook lainnya yang bisa diakses oleh para pelajar, tentunya buku-buku elektronik yang bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) untuk tingkat pendidikan SD, SMP, SMU, dan SMK.

Secara umum, selain fitur Adu Pintar, ECBOOK juga memiliki fitur utama lainnya, yaitu 'Cari Buku', 'File Manager', dan 'Rak Buku'.

Pada menu 'Cari Buku', para pelajar bisa mencari  buku-buku pelajaran sesuai jenjang, mulai dari SD, SMA, hingga SMK. Kemudian untuk menu 'File Manager', pengguna dapat mengakses kumpulan folder yang ada di ponsel pintar atau tablet mereka.

Sedangkan menu 'Rak Buku' adalah tempat di mana e-Book pelajaran yang sudah diunduh akan tersimpan dengan rapi dalam folder tersedia.

Kezia Mareshah, Media Relation update mengatakan bahwa dengan dirilisnya aplikasi ECBOOK tersebut merupakan bentuk nyata Evercoss peduli terhadap dunia pendidikan di Indonesia agar para pelajar bisa mengakses pelajaran di manapun mereka berada.

Sementara itu, Chief Marketing Officer Evercoss, Ricky Tanudibrata mengatakan kehadiran ECBook mulai digemari karena konten dan tampilan yang dimiliki buku digital ini cukup interaktif, sehingga para pelajar lebih tertarik menggunakan buku digital ini.

Di sisi lain, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis, praktis untuk digunakan, dan menyenangkan untuk dibaca, apalagi menggunakan tablet yang memiliki tampilan layar lebih besar. (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section