1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Bos Facebook Juga Penasaran Ingin Ketemu Alien

Mark Zuckerberg akan ambil bagian dalam misi pencarian alien termahal di dunia.

By Adhi 13 April 2016 17:15
CEO Facebook, Mark Zuckerberg (Facebook.com)

Money.id - Ternyata misi pencarian mahluk luar angkasa alias alien, tidak saja menarik minat NASA atau Space X, yang memang berkonsentrasi di bidang antariksa.

Tugas mengungkap misteri mahluk hidup selain manusia di alam semesta itu faktanya juga memancing rasa penasaran pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Menurut yang dilansir laman Cnet, Rabu 13 April 2016, bersama fisikawan Stephen Hawking dan biliuner Rusia Yuiri Milner, Mark Zuckerberg kabarnya akan ambil bagian dalam misi pencarian alien termahal di dunia.

Tiga 'serangkai' itu kabarnya rela menggelontorkan dana hingga US$100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun untuk mewujudkan misi luar angkasa yang diberi kode nama 'Breakthrough Startshot'. Menariknya, mereka tidak akan meluncurkan roket raksasa berawak manusia, melainkan pesawat luar angkasa mini yang disebut 'nanocraft'.

Rencananya nanocraft itu akan diluncurkan ke sistem tata surya Alpha Centauri yang berjarak 4,37 tahun cahaya (40 triliun kilometer) dari Bumi. Untuk sampai di Alpha Centauri, nanocraft diperkirakan membutuhkan waktu 20 tahun.

Nanocraft disebut Stephen Hawking sangat ringan dan terbang di luar angkasa dengan dorongan laser. Harapannya, nanocraft mampu melaju hingga 20 persen kecepatan cahaya. Perlu diketahui, kecepatan cahaya setara dengan 299.792.458 meter per detik.

Misi penelitian dan peluncuran nanocraft ini bakal dipimpin oleh Pete Worden, mantan Ketua NASA Ames Research Center.

Berbekal pesawat nanocraft berukuran perangko itu, Hawking, Zuckerberg, dan Milner berharap menemukan planet lain yang berpenghuni, atau dapat dihuni oleh manusia. Mengingat kata Hawking di masa depan satu-satu cara bagi manusia untuk terus bertahan hidup dalah dengan meninggalkan Bumi.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section