1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Facebook Luncurkan Alat Untuk Bantu Orang Buta 'Melihat' Foto

Namun, untuk sementara waktu, fitur ini hanya berjalan di iOS saja

By Nur Chandra Laksana 6 April 2016 14:45
Facebook (Eston Bond/flicker.com/eston)

Money.id - Pengunaan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya memang sangat besar di dunia. Tak hanya berbagi tulisan atau sekedar menemukan teman baru, namun media sosial kini dipakai untuk ajang berbagi foto para penggunanya.

Biasanya, foto-foto tersebut menjadi bahan olokan, membangkitkan kenangan, menjadi bahan kritikan, dan lainnya. Namun, bagi para para orang yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan, mereka tidak bisa merasakan hal tersbut.

Memang, para produsen teknologi, seperti ponsel pintar dan komputer sudah menyediakan fitur accessibility. Namun, dilansir dari laman Ubergizmo, Facebook kini telah meluncurkan fitur khusus bagi orang buta untuk ‘melihat’ sebuah foto.

Untuk sementara ini, Facebook baru mengeluarkan fitur ini di peranglat iOS saja. Selain itu, pengguna juga diharuskan memakai Screen Reader untuk mengkatifkan fitur ini.

“Sebelum hari ini, orang-orang hanya menggunakan Screen Reader untuk mendengarkan nama orang yang membagikan sebuah foto. Tapi sekrang, kami menawarkan deskripsi yang lebih kaya dari sebuah foto, berkat bantuan Automatic Alt Text,” jelas Facebook. “Contohnya, dari sebuah gambar kini orang bisa mendengar, ‘Gambar mungkin memiliki tiga orang didalamnya, tersenyum, di luar urangan’.”

Selain hanya bisa digunakan di perangkat iOS, fitur ini juga baru bisa mendukung bahasa Inggris. Namun, Facebook berjanji nantinya fitur ini akan bisa digunakan di semua platform yang mendukung dan dalam berbagai bahasa lainnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video demo dari Facebook berikut ini.

 

Introducing Automatic Alt Text from Facebook

 

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section