1. HOME
    2. NEWS
DIGITAL

Ini Dia Daftar Aplikasi yang Wajib Dimiliki Saat Mudik

Dengan aplikasi ini, maka mudik akan terasa jauh lebih aman dan nyaman.

By Nur Chandra Laksana 28 Juni 2016 10:01
Ilustrasi Mudik (money.id/dwi narwoko)

Money.id - Setiap tahunnya, jutaan masyarakat di Indonesia tercatat melakukan kegiatan pulang ke kampung halaman alias mudik. Oleh karena itu, perlu persiapan dari segi keamanan demi kenyamanan dalam perjalanan. 

Bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi, nampaknya perlu aplikasi penunjang untuk melancarkan kedua hal tersebut. Penasaran dengan aplikasi apa saja yang baiknya dimiliki pada saat mudik? 

Pemantau Arus Lalu Lintas
Salah satu aplikasi yang wajib ada di ponsel pintar pemudik adalah aplikasi pemantau jalur mudik. Dengan aplikasi ini, bukan hanya pengguna akan mendapatkan info update mengenai kemacetan arus lalu lintas saja, namun informasi seperti jalur pengalihan dan lainnya juga bisa didapatkan.

Untuk aplikasinya sendiri, ada beberapa pilihan yang tersedia. Namun aplikasi NTMC dan LewatMana untuk memantau jalur lalu lintas menuju kampung halaman adalah dua aplikasi yang direkomendasikan.

Selain itu beberapa aplikasi lainnya seperti Twitter bisa digunakan untuk memantau keadaan lalu lintas. Caranya, pengguna hanya harus mengikuti @NTMCLantasPolri dan segala laporan mengenai situasi keadaan jalan akan selalu didapatkan.

Jadi, jika ada kemacetan dan penumpukan volume kendaraan, maka sang pengguna dapat mencari jalur alternatif untuk sampai ke tujuan mereka.

Aplikasi Peta
Setelah melakukan pemantauan lalu lintas, maka aplikasi yang tak boleh ketinggalan adalah aplikasi peta. Selain menunjukkan jalan, aplikasi peta seperti Google Maps juga dapat menunjukkan jalan tikus atau menunjukkan jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, aplikasi seperti peta Waze juga dapat menampilkan sebuah kejadian secara real time. Dengan bantuan pengguna lain yang menggunakan aplikasi sejenis, Anda dapat berbagi informasi seputar jalur lalu lintas selama mudik berlangsung.

Ditambah lagi, dengan pembaharuan terbaru daru Google Maps, pengguna akan dimudahkan oleh fitur pencari lokasi rumah makan serta tempat ibadah dalam bermudik. (els)

 

Baca Juga :

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section