1. HOME
  2. NEWS
JOKOWI

Ini 12 Program Prioritas Pemerintah di Bawah Kepemimpinan Jokowi

Sederet program prioritas yang akan disepakati Presiden Jokowi itu merupakan perwujudan dari Nawa Cita.

By Dwifantya Aquina 3 Maret 2016 12:54
Presiden Joko Widodo di Istana Negara (Setkab.go.id)

Money.id - Presiden Joko Widodo beserta jajarannya telah menyusun program prioritas yang hendak dijalankan Pemerintah sepanjang periode jabatannya.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan sederet program prioritas yang akan disepakati Presiden Jokowi itu merupakan perwujudan dari Nawa Cita.

Sejak kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden 2014 lalu, program Nawa Cita ini memang digagas Jokowi-Jusuf Kalla untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Selama ini Presiden bertemu masyarakat selalu ditanya, ini belum dijalankan, ini belum dijalankan, dan sebagainya. Tentu saja dalam perjalanan selama ini banyak masukan, banyak janji politik, banyak dinamika dalam pemerintahan yang harus direspons Presiden dalam bentuk kebijakan-kebijakan," kata Teten, Kamis 3 Maret 2016.

Ia menjabarkan, ada 12 program prioritas yang sudah dirangkum oleh Kantor Staf Presiden. Ke-12 program itu kemudian disepakati masuk dalam RPJMN oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil.

"Selanjutnya bagaimana memastikan ini masuk dalam RKP (rencana kerja pemerintah) masing-masing kementerian. Saya kira siklus ini menjadi penting antara kami dan Bappenas," terangnya.

Teten kemudian menyebutkan delapan program prioritas dari 12 yang sudah diintegrasikan dengan Bappenas. Tahun ini anggaran akan dioptimalisasikan untuk delapan program prioritas tersebut.

"Ada adjustment (penyesuaian) untuk program-program itu termasuk juga ada dana pinjaman, hibah yang fleksibel yang bisa untuk membiayai program ini. Tapi tentu nanti kita harus mempegaruhi di APBN-P, paling mungkin perubahan-perubahan itu," ujar dia.

Delapan dari 12 program priotas yang dimaksud Teten antara lain, ketahanan pangan, poros maritim, pembangunan Papua, ketahanan energi, pembangunan infrastruktur, industrialisasi, pembangunan desa, dan reformasi agraria.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section