1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Mentawai Dilanda Gempa 8,3 SR, Berpotensi Tsunami

Gempa terasa hingga hampir ke seluruh Pulau Sumatera.

By Dwifantya Aquina 2 Maret 2016 20:22
Ilustrasi gempa bumi

Money.id - Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala richter terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada pukul 19.49 WIB, Rabu 2 Maret 2016.

Situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir, lokasi gempa terjadi di 682 km barat daya Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 kilometer dan berpotensi tsunami.

Gempa berkekuatan 7,8 skala richter juga terasa hingga ke daerah sekitar Kepulauan Mentawai, yakni Sumatera Barat, Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darusalam, Bengkulu hingga Lampung.

"Pemutakhiran Peringatan Dini Tsunami di SUMBAR, SUMUT, NAD, BENGKULU, LAMPUNG, Gempa Magnitude 7,8 SR," tulis BMKG.

Gempa berkekuatan hampi 9 SR di Kepulauan Mentawai sebelumnya sudah diramalkan bakal terjadi. Kawasan Samudera Hindia diketahui merupakan kawasan rawan gempa, perhatian para ahli gempa di dunia mengarah ke daerah itu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun suda memperkirakan akan terjadinya gempa besar di Mentawai. BNPB menyebut ada dua wilayah di Indonesia yang menyimpan potensi gempa tsunami dengan energi besar hingga mencapai 9 Skala Richter (SR). Kedua wilayah tersebut adalah Mentawai di bagian barat pulau Sumatera dan Pulau Panaitan di utara Ujung Kulon, Jawa Barat.

"Masih terkunci energinya di Mentawai. Dari hasil riset, masih ada energi yang tersandera maksimum 9 SR," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, beberapa waktu lalu.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui berapa jumlah korban dalam musibah gempa bumi di Kepulauan Mentawai tersebut.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section