1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Elizabeth Holmes Miliarder Cantik Revolusioner Dunia Kesehatan

Dia mendirikan perusahaan yang memproduksi finger stick, alat tes darah.

By Rohimat Nurbaya 25 November 2015 11:10
Elizabeth Holmes (Foto: Forbes)

Money.id - Elizabeth Holmes masuk dalam deretan orang terkaya baru versi Forbes. Hartanya ditaksir mencapai US$4,5 miliar atau setara Rp62 triliun.

Dikutip Forbes, wanita cantik berusia 30 tahun tersebut membuat revolusi dalam bidang kesehatan. Dia mendirikan perusahaan Theranos yang memproduksi alat untuk tes darah, atau saat ini dikenal dengan finger stick.

Dulu untuk melakukan tes darah seseorang harus datang ke rumah sakit, kemudian darahnya diambil lalu dianalisis. Waktu dibutuhkan lebih dari sehari dan memakan biaya mahal.

Dengan finger stick ciptaan Holmes, kini memeriksa darah bisa dilakukan sendiri di rumah dalam waktu sangat singkat. Alat tersebut dikenalkan wanita asal Washington DC itu ketika usianya 19 tahun.

Elizabeth Holmes/Foto: Forbes

Berhenti kuliah

Holmes sempat kuliah di Fakultas Teknik Kimia Universitas Stamford, namun ketika mengembangkan alat tersebut dia memutuskan berhenti kuliah.

Berkat ketekunannya, Holmes berhasil mengubah dunia kesehatan, padahal hanya bermodal uang beasiswa yang didapatnya.

Keberuntungan berpihak pada wanita cantik berambut pirang tersebut. Pada 2013 perusahaan farmasi online asal negeri Paman Sam mengumumkan akan memasarkan Theranos Wellness Center di apotek seluruh Amerika Serikat.

Sebelum mendirikan Theranos, ternyata Holmes sudah merintis perusahaan software dan bekerja pada protein microarray untuk mendeteksi penyakit SARS (Severe Acute Respiratoty Syn-drome).

Saat itu penyakit pernapasan akibat virus tersebut sedang merebak di beberapa kawasan Asia, kemudian menyebar ke Amerika dan Eropa.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section