1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Kisah Sukses Sopir Taksi Kini Jadi Orang Kaya

Saat remaja sempat putus sekolah dan menjual tas di jalan.

By Rohimat Nurbaya 15 November 2015 15:15
Orang terkaya di Tiongkok, Liu Yiqian (Foto: www.scmp.com)

Money.id - Liu Yiqian merupakan salah satu orang terkaya di Tiongkok. Siapa sangka, dia sempat putus sekolah karena saat remaja harus mencari uang.

Dikutip shanghaiist.com, saat teman sebanya sekolah, Yiqian harus pergi menjajakan tas di pinggir jalan dan mengemudi taksi.

Kini dia menjelma jadi orang sukses, bahkan menjadi salah satu kolektor benda antik dan seni senilai US$800 juta atau setara Rp10 miliar di Tiongkok.

Saat kecil Yiqian menemukan cara mendapat bahan tas murah daripada vendor lain. Kemudian dia menjualnya dengan harga berkali lipat.

Foto: Daily Mail

Awal 1980-an, perekonomian di Tiongkok mulai bergerak ke kapitalisme, kemudian saat itu di Shanghai tenar sebuah kalimat 'Menjadi seorang 10 ribu yuan'.

Ketika itu, upah tahunan karyawan di sana rata-rata 300 yuan atau setara Rp641 ribu. Orang yang bisa mendapatkan pemasukan hingga 10 ribu yuan atau setara Rp21 juta di Shanghai adalah para pedagang jalanan, seperti Liu Yiqian.

Foto: widewalls.ch

Berkat usaha tas tangannya, Liu menjadi 'Orang 10 ribu yuan' ketika masih berusia 17 tahun. Meski pendapatannya meningkat, dia dan keluarganya masih hidup susah.

10 tahun kemudian, Liu membuat gebrakan dan membuktikan bahwa kerjan di jalanan sangat berguna. Pada usia 27 tahun, dia pergi ke zona ekonomi Shenzhen untuk membeli bahan pembuat tas.

Foto: Forbes

Saat itu dia bertemu seorang mantan teman sekelasnya. Kemudian memberi tahu Liu mengenai pasar saham.

Liu tertarik dengan ucapan temannya dan membeli holding pertama di sebuah perusahaan yang beroperasi dekat kios tasnya, jadi dia tahu betul seluk beluk perusahaan itu.

Saham perusahaan itu awalnya bernilai 100 yuan atau setara Rp213 ribu, dalam setahun nilainya naik jadi 10 ribu yuan.

Liu Yiqian kemudian menjual sahamnya dengan harga lebih dari 2 juta yuan atau setara Rp4,3 miliar. Transaksi tunggal itulah yang membuatnya kaya.

Dia lantas menginvestasikan uangnya di berbagai perusahaan dan semuanya tumbuh pesat. Holding-nya sampai saat ini sangat beragam.

Dia tak mengenal kata berhenti untuk berinvestasi sampai saat ini. Dia membeli berbagai macam saham perusahaan, membeli karya seni, membeli Tomson Riviera, sampai gedung kantor World Financial Center. Dikutip Forbes kini kekayaan Liu Yiqian mencapai US$1,3 miliar atau setara Rp18 triliun. (poy)

Foto: Forbes

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section