1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Jadi Selebgram, Mahasiswi Cantik Ini Dapat Rp10 Juta Per Bulan

Sama halnya dalam dunia bisnis, media sosial menjadi bagian yang sangat membantu para pemilik online shop.

By Putri Nabilla 11 November 2015 10:45
Ayu Indriati Rahayu/Instagram

Money.id - Tren digital yang semakin canggih mempermudah kita melakukan komunikasi, baik lewat aplikasi chatting, foto atau video. Perkembangan gadget juga membuat orang kecanduan pada media sosial.

Sama halnya dalam dunia bisnis, media sosial menjadi bagian yang sangat membantu para pemilik online shop.

Saat ini sedang tren pebisnis online melakukan endorsement terhadap artis di Instagram atau biasa disebut selebgram.

Endorsement adalah kerja sama yang terjalin antara dua pihak di media sosial yang saling mendapatkan keuntungan dari pihak yang meng-endorse maupun yang ter-endorse.

Sedangkan selebgram adalah seseorang yang terkenal, tidak selalu artis, tetapi memiliki banyak followers di akun Instagramnya.

Salah satu contohnya adalah pemilik akun Instagram Ayuindriati yang pengikutnya mencapai lebih dari 81 ribu.

Kepada Money.id, mahasiswi ini mengaku mengawali bisnisnya sebagai blogger. Ayu yang berlatar belakang sebagai foto model, pada saat itu belum bermain media sosial Instagram.

Pada mulanya pengikut wanita bernama lengkap Ayu Indriati Rahayu ini hanyalah berjumlah 500. Bisnis endorsement dimulai saat salah satu online shop (olshop) yang meninggalkan komentar pada salah satu foto di akun Instagram miliknya bertuliskan “aku mau endorse”, diberikan ID pribadinya.

Dari komentar itulah semakin banyak olshop yang bermunculan dan meminta endorse kepada Ayu.

Barang yang pertama kali ia endorse adalah tutu dress berwarna hitam, meskipun sebelumnya Ayu pernah membantu olshop milik temannya berupa camilan makaroni.

Sampai saat ini kira-kira sudah ratusan lebih olshop yang pernah menggunakan jasanya. Pengalaman pahitpun pernah ia rasakan.

"Pernah waktu itu ada yang endorse, dia transfernya lama banget, terus kiriman barangnya belum sampai, pihak olshopnya sudah marah-marah dan bilangnya aku nipu," kata Ayu.

"Aku biasanya kalau di rata-rata perbulannya bisa dapet sekitar Rp10 juta ke atas," ujarnya.

Tidak semua produk disetujui Ayu untuk diendorse. "Yang penting berupa barang, dan aku pilihnya yang mau ku endorse berdasarkan kegunaan dan yang terpakai sama aku, kalau kira-kira mubazir dan motif atau modelnya aku enggak suka, ya aku enggak mau," ucap dia.

Ayu juga mengungkapkan bahwa ia menolak jika mengendorse berupa aplikasi dan skin care dikarenakan ia sudah menjadi brand ambassador salah satu produk skin care.

Jika lagi open endorse, perempuan kelahiran Jakarta, 27 Mei 1994 pernah menerima sampai 30 olshop dalam sehari. Tarif yang dipatok oleh dara cantik ini sebagai berikut:

Pemasangan di Instagram:

- Biaya promosi (dipasang selama satu sampai lima hari) Rp100 ribu perpostingan.

- Biaya Endorsement :

· Rp200 ribu per-postingan (grup minimal sepuluh olshop per-postingan)

· Rp300 ribu per-postingan (personal olshop)

· Rp400 ribu per-postingan (eksklusif) dengan request caption+time post

Blog atau Youtube

- Biaya per-postingan Rp500 ribu (review blog atau Youtube)

Semuanya diposting juga ke Facebook, Twitter dan FacebookPage (kecuali promote). Dengan estimasi diposting maksimal tiga bulan.


"Aku senang banget alhamdulillah bisa punya sesuatu, dapat berbagi barang endorse dengan saudara, teman atau orang yang membutuhkan dan dapat membanggakan orangtua bahkan untuk biaya kuliah," kata sulung dari tiga bersaudara ini. (poy)

(da/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section