1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Mengintip Kekayaan Sosok Pencipta Dragon Ball

Selain Dragon Ball dia juga menciptakan beberapa karya lain seperti Fox Tale, Blue Dragon, Dragon Quest dan Dr. Slump.

By Rohimat Nurbaya 14 November 2015 07:00
Akira Toriyama pencipta Dragon Ball (Foto: elpopular.pe)

Money.id - Serial kartun Dragon Ball jadi salah satu film anak paling digemari. Film kartun tersebut dianggat dari komik karya Akira Toriyama. Komik itu pertama diterbitkan pada 1984.

Toriyama lahir di Prefektur Aichi, Jepang pada 1955. Selain Dragon Ball, dia sudah menelurkan banyak karya lain di antaranya, Fox Tale, Blue Dragon, Dragon Quest dan Dr. Slump.

Dari profesinya sebagai animator dan komikus Toriyama meraup banyak uang. Dikutip The Richest kekayaan dia pada 2013 mencapai US$45 juta atau setara Rp619 miliar.

Toriyama memulai debutnya pada 1979, karyanya adalah Wonder Island. Saat itu diterbitkan oleh majalah mingguan Shonen Jump. Kemudian tenar dengan mangga Dr. Slump pada 1980-1984.

Foto: haikudeck.com

Saat itu mangga Dr. Slump terjual hingga 35 juta kopi di Jepang. Karena karyanuya itu dia mendapat penghargaan Shogakukan Manga Award pada 1982. Toriyama menyabet gelar mangga terbaik untuk kategori Shonen and Shojo Manga Series of the Year.

 

Dragon Ball

Meski berbagai penghargaan terlah diraihnya, karya Akira Toriyama paling diakui adalah komik Dragon Ball. Dia menerima penghargaan 'Golden Age of Jump'.

Komik Dragon Ball dia buat dari sejak 1984 sampai tahun 1995. Selama 11 tahun itu dia menghasilkan 519 episode yang dikumpulkan dalam 42 volume. Setiap volume memiliki rata-rata 200 halaman.

Komik itu terjual lebih dari 35 juta kopi di Jepang. Kemudian komik Dragon Ball akhirnya mencapai rekor penjualan terbaik dengan lebih dari 120 juta eksemplar.

Selain terkenal di Jepang, komik ini juga sukses di Eropa pada 1988. Kemudian di Amerika Utara dan Kanada pada tahun 1996. Karena Dragon Ball itu juga dia medapat royati dari film animasi, video game, dan merchandise.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section