1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Martin Hartono, Anak Raja Tembakau Banting Stir ke Bisnis Digital

Bisnis digital dianggap lebih menjanjikan, kini Martin membawahi banyak jaringan bisnis di bidang tersebut.

By Rohimat Nurbaya 23 November 2015 11:38
Martin Hartono (Foto: Forbes)

Money.id - Martin Hartono merupakan anak pemilik grup bisnis Djarum, Robert Budi Hartono. Meski mewarisi 'kerajaan' bisnis sangat besar di bidang komoditi riil, justru Martin malah terjun ke bisnis digital.

Beberapa perusahaan digital di bawah jaringan bisnis Martin antara lain, ecommerce Blibli.com, Mindtalk, LintasME, Crazymarket, DailySocial.net, forum Kaskus dan masih banyak lagi.

Semasa muda Martin menimba ilmu di San Diego Mesa College pada 1994. Kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di University of California dengan mengambil jurusan ekonomi. Dia lulus pada 1996.

Pada tahun yang sama dia langsung melanjutkan pendidikan di Claremont Graduate University – Peter F. Drucker and Masatoshi Ito Graduate School of Management. Ilmu yang didalaminya adalah pemasaran dan strategi. Lalu dia memutuskan kembali ke Jakarta pada 1998.

Saat ini Martin tercatat sebagai CEO PT Sarana Menara Nusantara dan GDP Venture, yang membawahi banyak perusahaan digital lokal di Indonesia. Hal tersebut menjadikan sosok Martin disebut-sebut sebagai calon taipan bisnis digital masa depan.

Martin pernah mengatakan, potensi bisnis digital di Indonesia sangat besar, bahkan mempunyai peluang menjadi pemimpin di pasar global. Sehingga dia melakukan persiapan matang agar dapat menikmati hasilnya dalam beberapa tahun ke depan.

(Berbagai sumber)

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section