1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Bottlesmoker, Musisi Kreatif Manfaatkan Mainan Bekas Jadi Instrumen

Biasanya mereka mendapatkan mainan bekas untuk instrumen musik dari toko loak atau toko barang bekas baik di dalam maupun luar negeri.

By Rohimat Nurbaya 25 April 2016 18:43
Personel Bottlesmoker (Facebook/Bottlesmoker)

Money.id - Kreasi musisi tanah air tidak pernah habis. Banyak karya unik ditampilkan para seniman di bidang musik dari Indonesia, salah satunya Bottlesmoker, duo eksperimental elektro pop asal Bandung. Mereka memanfaatkan mainan menjadi instrumen musik.

Selain supaya tampil lebih unik, ada beberapa pertimbangan lain dari dua personel Bottlesmoker, Anggung Suherman dan Ryan Adzani menggunakan mainan bekas dalam aksi pertunjukkannya.

"Sebetulnya lebih kepada sound yang diinginkan. Alasan untuk mendapatkan perhatian lebih dari publik juga jadi salah satu dasar," ucap Anggung kepada Money.id beberapa waktu lalu.

Anggung mengaku biasanya mereka mendapatkan mainan bekas untuk instrumen musik dari toko loak atau toko barang bekas baik di dalam maupun luar negeri. Saat tampil di panggung Anggung dan Ryan biasanya menggunakan keyboard dan piano mainan, bel tangan, pianika, dan glockenspiel.

"Biasanya kami hunting sekalian lagi tour. Sering juga pendengar Bottlesmoker kasih info soal mainan-mainan yang bisa kami pakai," ucapnya.

Personel Bottlesmoker saat di Kuala Lumpur (Facebook/Bottlesmoker)

Selain itu, demi mendapatkan sound yang diinginkan supaya lebih maksimal biasanya personel Bottlesmoker membuat sendiri mainan akan dibawa dalam pentas mereka. Anggung mengaku, mereka memiliki kepuasan tersendiri apabila bisa menemukan sound yang diinginkan.

"Dengan menggunakan mainan, sound-nya tidak begitu berat, lebih natural, charming dan clear," jelasnya.

Meski musik mereka sederhana, namun keberadaan Bottlesmoker sudah diakui di belantika musik tanah air bahkan dunia. Dua sahabat asal Bandung tersebut, sudah mencicipi keliling dunia dengan membawa nama Indonesia melalui musik.

Pada 2009 mereka berpentas pada acara bertajuk 'Hello We Are Bottlesmoker, Malaysian Tour 2009'. Pada 2010, Bottlesmoker Smiles to Malaysia, Bottlesmoker Smiles to Philippines, BotolJalanJalan, Indonesian Tour.

Kemudian tahun berikutnya, pentas yang mereka jalani adalah 'Bottlesmoker Asian Tour 2011' yang meliputi beberapa negara antara lain ke Malaysia, Brunei, China, Hong Kong dan Indonesia.

Masih pada tahun yang sama mereka menggelar pertunjukkan 'Bottlesmoker Smiles to Singapore 2011'. Tahun berikutnya duo tersebut berpentas di acara 'Bottlesmoker Smiles to Vietnam 2012' dan 'Bottlesmoker Smiles to Thailand 2012'.

 

BACA JUGA

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section