1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Irma Hardjakusumah, Sosok di Balik Kemegahan Pesta Oscar 2016

Di balik kemegahan pesta piala Oscar 2016, terdapat sosok penting yang berasal dari Indonesia merancang kemegahan ruang pesta Oscar tahun ini.

By Dian Rosalina 29 Februari 2016 14:31
Arsitek Desain Interior yang Merancang Interior Pesta Oscar ke-88, Irma Hardjakusumah (VOA Indonesia)

Money.id - Academy Awards atau piala Oscar adalah perhelatan penghargaan film Amerika untuk menghargai karya dalam industri film. Kali ini, penghargaan Academy Award ke-88 diselenggarakan di Dolby Theater, Los Angeles, Minggu 28 Februari 2016, waktu setempat.

Namun dibalik kemegahan pesta piala Oscar 2016, terdapat sosok penting yang berasal dari Indonesia merancang kemegahan ruang pesta Oscar, Governors Ball 2016. Desainer Interior, Irma Hardjakusuma adalah desainer yang hampir setiap tahunnya merancang berbagai pesta besar di Hollywood, salah satunya Academy Awards.

Wanita berumur 40 tahun tersebut, menerapkan konsep bernuansa Hollywood tempo dulu yang dimulai dari era 1920-an hingga 1940-an. Meski begitu, ia tetap menonjolkan sisi glamor Academy Award.

"Jadi ruangannya itu ada kesan old Hollywood, old glamour," kata Irma dalam wawancaranya bersama VOA di Los Angeles, California yang dikutip Money.id, Senin 29 Februari 2016.

Tahun lalu, Irma diminta untuk mendesain ruang pesta Ray Dolby Ballroom, menjadi Hollywood tempo dulu juga. Namun yang membedakannya adalah dia menggabungkan seni karikatur ke dalam desain ruangnya.

Ide tersebut muncul dari ketua penyelenggara pesta Governors Ball, Jeffrey Kurland yang juga anggota dari Academy Of Motion Picture Of Sciences. Wanita berambut panjang itu menjelaskan bawa Kurland ingin merubah suasana ruangan serupa dengan restoran Sardi's atau Brown Derby yang ada di Hollywood.

"Di restoran itu banyak karikatur bintang-bintang film, tentang film, atau movie culture secara keseluruhan. Jadi saya rancang mulai dari foto-foto di belakang layar, foto-foto publikasi atau istilahnya photo set, desainer kostum, pokoknya dunia perfilman dari mungkin awal abad ini," ujar Irma.

Ribuan foto yang menggambarkan perkembangan dunia film di Amerika tersebut menghiasi ruangan pesta Governors Ball yang tahun ini diselenggarakan di Ray Dolby Ballroom. Bersama puluhan tim lainnya yang ahli dalam berbagai bidang, ia mengubah ruang pesta Ray Dolby Ballroom menjadi galeri yang juga menghadirkan hasil karya karikatur dari sembilan karikaturis pilihan Kurland.

Untuk menangani konsep tersebut, Irma melakukan riset di perpustakaan Margaret Herrick yang berlokasi di Beverly Hills bersama dengan produsernya, Cheryl Cecchetto. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan inspirasi dalam rancangannya.

Selain dekorasi desain yang glamor, untuk Oscars Governors Ball tahun ini, koki terkenal Wolfgang Puck kembali hadir dengan menu mewah seperti burger mini andalannya, sampanye, wine, sushi, lobster, ribs, caviar, jamur termahal di dunia white truffle dan hidangan ikan salmon berbentuk piala Oscar untuk sekitar 1.500 tamu yang hadir. (dwq)

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section