1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Ketahui, Ini Kandungan Mineral Dalam Air Putih

"Mineral memiliki jenis dan sumber yang berbeda beda."

By Azalia Amadea 24 Agustus 2016 13:09
Air Mineral (shepleyspring.co.uk)
Air putih merupakan kebutuhan terpenting manusia dan Anda selalu diingatkan mengonsumsinya sebanyak dua sampai tiga setengah liter air per hari. Namun sudah tahukah Anda, air putih terdiri dari sejumlah mineral yang dibutuhkan tubuh?
 
"Berbicara mineral tidak bisa seperti berbicara ketika seseorang kekurangan karbohidrat, lemak, protein dan lain sebagainya. Mineral memiliki jenis dan sumber yang berbeda beda," ujar Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Ulul Albab dalam acara peluncuran 'Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale' di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016. 
 
Ulul yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu menjelaskan terdapat ciri-ciri air mineral yang baik dikonsumsi. Air mineral umumnya harus mengandung jenis mineral seperti kalsium, natrium, sulfur dan bikarbonat. 
 

"Sumber mineral yang baik umumnya adalah yang mengandung kalsium, natrium, sulfur dan bikarbonat. Namun perlu diingat kebanyakan sulfur juga tidak baik karena itu adalah belerang," ujar pria berkacamata itu. 
 
Namun keempat jenis mineral tersebut, lanjut Ulul, juga bisa didapat bukan hanya dari pengonsumsian air putih saja. Misalnya mineral jenis kalsium didapat dari susu, kangkung, bayam, singkong, daun pepaya dan brokoli. 
 
Sedangkan, natrium didapat dari mengonsumsi air minum saja. Kebutuhan tubuh akan cairan juga dapat diraih dengan meminum jus atau mengonsumsi makanan berkuah. 
 
Setiap manusia membutuhkan kandungan mineral yang berbeda-beda. Ibu hamil misalnya, membutuhkan asupan mineral yang banyak mengandung zat besi. 
 
"Berbicara mineral tidak bisa seperti berbicara ketika seseorang kekurangan karbohidrat, lemak, protein dan lain sebagainya. Mineral memiliki jenis dan sumber yang berbeda beda," kata Ulul yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI). (els)
 

BACA JUGA

 
 
 

(sm/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section