1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Merokok

Dalam dua puluh menit saja fungsi jantung Anda dapat...

By Rizki Astuti 19 Agustus 2016 09:22
Ilustrasi merokok (money.id)

Money.id - Sudah berkali-kali para ahli memperingatkan bahaya merokok bagi kesehatan. Namun bagi sebagian banyak orang, berhenti merokok menjadi tantangan psikologis yang sangat serius.

Sementara yang lainnya belum menemukan motivasi membuat perubahan dalam gaya hidup mereka. Padahal gaya hidup sehat itu sangat penting demi panjang umur. 

Melansir dalam laman Brightside.me, Sabtu 20 Agustus 2016, inilah informasi penting tentang apa yang terjadi pada tubuh seseorang ketika mereka berhenti merokok.

Para ahli di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menghasilkan temuan dan menunjukkan perubahan yang terjadi ketika seseorang meninggalkan kebiasaan yang tidak sehat itu.

20 Menit
Fungsi jantung Anda kembali normal. Pembuluh kapiler dan jaringan pembuluh darah kembali sehat. Aliran darah membaik, dan sensitivitas kaki dan jari meningkat.

12 Jam
Tingkat karbon monoksida dalam darah Anda menurun drastis, sementara tingkat oksigen meningkat. Komposisi darah kembali normal.

2 minggu-3 bulan
Risiko serangan jantung berkurang. Gejala kecanduan merokok hilang. Sirkulasi darah di pembuluh perifer membaik. Jaringan paru-paru pulih dan fungsi paru-paru secara signifikan membaik.

1-9 bulan
Batuk dan sesak napas yang disebabkan oleh merokok hilang, meskipun tidak segera. Karena paru-paru memerlukan beberapa waktu untuk menyingkirkan zat-zat berbahaya yang terkumpul di dalamnya.

1 Tahun
Kebutuhan merokok hilang. Warna kulit berubah sehat dan memiliki fleksibilitas yang lebih besar. Risiko penyakit jantung iskemik turun sebesar 50%.

5 Tahun
Sirkulasi darah benar-benar pulih dan normal. Risiko stroke berkurang ke tingkat yang sama dengan yang bukan perokok. Saraf dan sistem kekebalan tubuh berfungsi beberapa kali lebih baik.

10 Tahun
Risiko kanker paru-paru sekarang dua kali lebih kecil dibanding perokok. Risiko terkena kanker intraoral, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, ginjal dan kanker pankreas berkurang.

15 Tahun
Risiko penyakit jantung iskemik dan kemungkinan tumbuh kanker sekarang persis sama seperti orang non-perokok. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section