1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Wow, Ternyata Minum Air Putih Dapat Turunkan Berat Badan

Dengan takaran yang tepat, air putih dapat menurunkan berat badan Anda.

By Nur Chandra Laksana 21 Maret 2016 08:32
Ilustrasi Minum Air (fitlife.tv)

Money.id - Siapapun ingin memiliki tubuh ideal. Berbagai macam diet dan metode dilakukan oleh mereka yang punya masalah dengan berat badan. Namun banyak yang tidak berhasil menurunkan berat badan mereka.

Ternyata ada salah satu cara yang mudah dan murah untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan banyak minum air putih.

Berdasarkan penelitian, ilmuan menemukan bahwa tujuh gelas air setiap hari mampu mengurangi sektitar 200 kalori dari total asupan harian. Demikian seperti dilansir dari laman Globalnews, Minggu 20 Maret 2016.

Penelitian terbaru yang dilakukan peneliti dari University of Illinois menyebutkan bahwa orang-orang yang meningkatkan asupan air putih sebanyak  satu persen akan menyantap kalori, lemak jenuh, gula, dan sodium yang lebih sedikit.

"Air yang kami maksud adalah air putih dari keran, pendingin, keran siap minum, dan botol," kata seorang ahli di bidang kinesiologi dan profesor kesehatan masyarakat di University of Illinois, Dr. Ruopeng An.

Dr. An menambahkan, dampak menyehatkan dari air putih berlaku untuk semua orang. Terlepas dari ras, etnis, pendidikan, dan tingkat penghasilan, serta berat badan.

"Temuan ini menunjukkan bahwa sudah saatnya kita merancang dan mengintervensi gizi secara universal, serta melakukan kampanye pendidikan yang mempromosikan konsumsi air putih sebagai pengganti minuman berkalori," katanya.

Dengan melakukan tes pada lenih dari 18.300 orang dewasa di Amerika, Dr. An menyebutkan bahwa meningkatkan asupan sebanyak satu hingga tiga gelas setiap hari akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak.

Berikut ini adalah manfaat yang kita terima dari menambahkan air putih dalam satu hari:

- Tambahan satu gelas sehari akan mengurangi jumlah kalori dalam tubuh hingga 68 kalori

- Tambahan tiga gelas sehari akan mengurangi jumlah kalori dalam tubuh hingga 205 kalori

- Kehilangan 205 kalori setiap hari akan mengurangi berat badan sekitar 0,2 kg setiap minggu

- Asupan sodium akan menurun 78 hingga 235 miligram, tergantung pada seberapa banyak air putih yang diminum

- Asupan gula akan menurun antara lima sampai 18 gram

- Jumlah kolesterol akan menurun antara tujuh sampai 21 miligram setiap hari

Dalam penelitian tim Dr. An, rata-rata peserta penelitian minum sekitar 4,2 gelas air putih setiap hari - itu sekitar 30 persen dari total asupan air diet mereka. Mereka makan sekitar 2.157 kalori, termasuk 125 kalori dari minuman manis. Selebihnya 432 kalori berasal dari junk food.

Penurunan kalori, sodium, gula dan lemak lebih banyak terjadi pada pria muda dan paruh baya. Hal ini mungkin disebabkan karena pada umumnya mereka yang makan lebih banyak dari golongan lainnya.

Jadi, dengan meminum air putih dalam takaran yang tepat, bukan saja dapat menyehatkan badan. Namun dengan meminum air putih Anda bisa sekaligus menurunkan berat badan. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section