1. HOME
  2. FRESH
FRESH

7 Manfaat Peregangan Bagi Tubuh

Selain untuk mengendurkan otot-otot yang kaku, peregangan juga...

By Rizki Astuti 20 Agustus 2016 19:00
Ilustrasi Peregangan Tubuh (Boldsky.com)

Money.id - Setelah tidur nyenyak atau bekerja berjam-jam, kita biasanya menggeliat atau ngulet untuk merenggangkan otot-otot yang kaku. Ya, menggeliat adalah salah satu bentuk dari peregangan.

Namun tahukah Anda bahwa peregangan ini tidak hanya untuk mengendurkan otot-otot yang kaku? Ternyata ada banyak manfaat peregangan ini bagi kesehatan manusia.

Seperti yang dikutip dari Boldsky, Sabtu 20 Agustus 2016, berikut ini manfaatnya.

1. Jadi lebih bersemangat

Peregangan bisa membuat Anda lebih bersemangat dan aktif dalam beraktivitas. Itu karena aliran darah ke seluruh tubuh meningkat dan berjalan lancar.

2. Memperbaiki keseimbangan tubuh

Menurut sebuah penelitian, peregangan dapat meningkatkan keseimbangan tubuh Anda dan membuat Anda lebih fleksibel dan bisa mengendalikan gerakan tubuh secara lebih baik.

3. Mengurangi pegal-pegal

Melakukan peregangan di area tertentu, seperti punggung, leher, atau bahu bisa mengurangi rasa pegal. Karena aliran darah hasil dari peregangan bisa mengurangi peradangan.

4. Mengurangi kekakuan otot-otot

Peregangan sangat efektif untuk melonggarkan otot dan sendi yang ketat dan kaku, sehingga meningkatkan fleksibilitas tubuh.

5. Jadi lebih efektif

Peregangan sebelum dan sesudah olahraga dapat meningkatkan efektivitas pekerjaan. Selain membantu menurunkan berat badan, dapat membentuk otot-otot.

6. Menurunkan gula darah

Menurut berbagai penelitian, melakukan peregangan secara teratur bisa menurunkan kadar gula darah sehingga bisa mencegah diabetes.

7. Mengurangi stres

Peregangan bisa memperbaiki dan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga bisa melemaskan otot-otot secara instan. Hal ini akan mengurangi stres Anda. (poy)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section