1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat! 4 Hal Ini Sering Bikin Liburan Berantakan

Jangan sampai liburan yang menyenangkan justru berubah jadi mimpi buruk.

By Dwifantya Aquina 13 November 2016 07:05
Ilustrasi liburan (Pixabay)

Money.id - Saat kita membuat rencana liburan, yang dibayangkan tentu hal-hal seru dan menyenangkan. Tempat wisata yang indah, makanan yang enak dan suasana yang santai dan membuat pikiran serta tubuh rileks. Tentu tidak seorang pun berharap waktu liburannya akan berantakan. Itu adalah mimpi buruk setiap traveler.

Namun, bagaimana bila mimpi buruk itu jadi kenyataan? Sebenarnya, ada sejumlah hal sepele yang jarang kita duga dapat menjadi penyebab liburan berantakan. Berikut ini beberapa di antaranya seperti dikutip CekAja.com:

Sakit saat liburan

Tiket sudah siap, hotel sudah dipesan bahkan rencana perjalanan mulai dari lokasi wisata yang ingin dikunjungi hingga tempat makan dan belanja oleh-oleh sudah lenngkap. Namun, saat tiba di lokasi wisata Anda justru jatuh sakit. Anda pun hanya bisa terbaring di hotel. Untung bila sakit Anda tidak parah. Tapi bagaimana jika Anda harus dibawa ke rumah sakit? Sudah pasti bukan liburan saja yang berantakan namun kondisi keuangan Anda dalam beberapa waktu ke depan akan jadi runyam. (Baca juga: Ini Cara Olahraga yang Tepat Agar Tidak Gampang Sakit)

Oleh karenannya, selalu persiapkan kondisi fisik sebelum Anda berlibur. Lakukan olahraga rutin. Selain itu bawa obat-obatan bila ANda memang punya penyakit kambuhan. Agar kondisi finansial aman, lindungi diri Anda dengan asuransi perjalanan. Sebab, produk satu ini akan menanggulangi biaya jika Anda jatuh sakit selama berlibur.

Cuaca buruk

Cuaca memang sangat menentukan lancar atau tidaknya perjalanan liburan. Yang mengesalkan, tidak ada seorangpun bisa memprediksi cuaca. Meski kita bisa memanfaatkan ramalan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, tetap saja prediksi tersebut tidak selalu 100% tepat. Oleh karena itu, selalu buat rencana perjalanan alternatif saat berlibur. Misalnya, ketika berpergian ke pantai, buat juga destinasi wisata alternatif yang menarik untuk dikunjungi jika cuaca buruk. Contohnya bisa tempat bersejarah atau museum.

Kehilangan barang berharga

Kehilangan barang berharga seperti kartu ATM, kartu kredit ataupun kartu identitas seperti KTP dan SIM bisa membuat liburan berantakan. Anda tentu tidak berkutik bila alat transaksi hilang. Apalagi bila Anda tidak mempersiapkan uang tunai yang cukup. Kehilangan kartu identitas juga bikin kepala pusing. Sebab, banyak sekali urusan administrasi yang membutuhkan identitas mulai dari administrasi hotel, hingga keperluan berkendara selama berada di tempat berlibur.

Untuk mencegahnya, usahakan untuk selalu memisahkan kartu berharga di tempat yang aman dan mudah terjangkau oleh Anda. Lengkapi perlindungan dengan asuransi perjalanan agar kehilangan benda berharga tidak membuat liburan Anda berantakan.

Tempat wisata mengecewakan

Sebelum berlibur orang tentu melakukan riset untuk menentukan destinasi liburan yang sesuai keinginan. Namun, Ada kalanya hasil riset yang kita lakukan, apalagi jika hanya berbasis pencarian melalui mesin pencari internet, tidak sesuai dengan kenyataan. Hal ini tentu berpotensi membuat liburan berantakan.

Paris misalnya. Kota yang disebut sebagai kota paling romantis di dunia ini selalu digambarkan sebagai kota yang bersih, elegan, romantis dan indah. Tapi kenyataannya, sama seperti kota lain di dunia, Paris juga memiliki sejumlah masalah seperti kriminalitas, sampah hingga keramaian berlebih yang membuat pengunjung tidak betah. (Baca juga: 7 Hobi yang Dapat Mengurangi Stres dan Bisa dilakukan di Kantor)

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section