1. HOME
  2. FRESH
FASHION

Tak Mengerti Simbol Perawatan di Pakaian? Ini Penjelasannya

Sangat penting untuk membaca label perawatan karena menjaga bahan kain agar tetap dalam kondisi bagus seringkali rumit dan harus ekstra hati-hati

By Dian Rosalina 8 November 2016 09:10
Simbol Laundry (mentalfloss.com)

Money.id - Pada pakaian jenis tertentu, biasanya tercantum label perawatan di bagian dalamnya. Label ini biasanya diletakkan di bagian kerah atau samping bawah baju. Di dalam label berisi simbol-simbol yang menuntun Anda dalam memelihara pakaian tersebut agar awet dan tahan lama.

Mulai dari cara mencuci, merendam, menyetrika hingga menyimpan pakaian diterangkan melalui simbol-simbol tersebut. "Simbol-simbol pada label perawatan itu dirancang agar mudah dimengerti oleh konsumen di seluruh dunia," kata ASTM International, sebuah organisasi yang merancang simbol-simbol itu yang dilansir dari Asiaone, Selasa 8 November 2016.

ASTM International juga yang menetapkan standar perawatan pakaian menggunakan simbol-simbol secara sukarela, mulai dari industri penerbangan, pembangunan hingga mainan.

Simbol ember yang berisi angka 40 dan dua titik di dalamnya dan sebuah garis di bawahnya, misalnya, memiliki arti saat mencuci pakaian dengan mesin cuci, gunakan air hangat dengan suhu 40 derajat Celcius dan tekanan permanen.

Sangat penting untuk membaca label perawatan karena menjaga bahan kain agar tetap dalam kondisi bagus seringkali rumit dan harus ekstra hati-hati.

Kain sintetis yang menolak keringat yang digunakan pada athleisure memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda dari pakaian olahraga umumnya. Belum lagi jika mesin cuci menawarkan pengaturan yang semakin khusus, misalnya penggunaan deterjen dan bahan pemutih/pewangi, menambah pentingnya membaca dan memahami label perawatan.

Menurut Elaine Cella, seorang ilmuwan penelitian untuk produk perawatan kain di Procter & Gamble Co, terdapat 900 jenis simbol dalam dunia cuci-mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Ratusan simbol itu dikelompokkan menjadi tujuh bagian, yang terdiri simbol temperatur, simbol pemutih, simbol pencucian, simbol cuci kering (dry clean), simbol pengeringan, simbol suhu setrika, dan simbol pemerasan.

Instruksi yang diwujudkan dalam simbol-simbol itu tidak melulu tentang bagaimana mencuci item agar bersih dan tahan lama. Tetapi umumnya dibuat untuk menyediakan cara paling aman untuk mencuci item, sehingga produsen tidak disalahkan jika terjadi kesalahan ketika petunjuk mencuci dalam label perawatan tidak diikuti.

Produsen pakaian pasti telah melakukan tes pada pakaian sesuai dengan label perawatan sebelum dikirim ke toko-toko.(ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section