1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Mengenal Batik Pesisiran dan Pedalaman Serta Perbedaannya

Batik Indonesia umumnya dibedakan menjadi dua gaya desain berdasarkan ragam tata warna, motif dan nilai-nilai di filosofi dari motif tersebut.

By Dian Rosalina 2 November 2016 17:30
Ilustrasi Batik (akarmedia)

Money.id - Beberapa orang yang mengenal batik hanya sebuah 'kain yang digores lilin dan menjadi cantik'. Tetapi tak ada yang menyadari bahwa batik ada dua jenis yang harus diketahui agar tidak salah saat menggunakannya.

Batik memiliki beberapa arti. Pengertian yang paling umum, batik berasal dari kata bahasa Jawa yaitu 'amba' yang berarti menggambar, dan 'titik'. Jadi secara etimologi, istilah 'batik' berarti menggambar titik-titik.

Melihat sejarahnya, kain batik memang kain kebesaran dari keluarga keraton. Dan Anda patut beruntung, karena pada zaman dulu, kain batik tidak boleh digunakan oleh orang yang bukan berasal dari keluarga kerajaan atau orang yang tidak ada hubungannya dengan kerajaan.

Dikutip dari Redaya Batik, Rabu 2 November 2016, ragam gaya desain, batik Indonesia umumnya dibedakan menjadi dua gaya desain berdasarkan ragam tata warna, motif dan nilai-nilai di filosofi dari motif tersebut, yakni Pedalaman dan Pesisiran. Lalu apa perbedaannya?

Pedalaman atau Batik Keraton berasal dari gaya batik yang diciptakan dan dipakai di sekitar wilayah yang terpengaruh budaya keraton Mataraman seperti Solo dan Yogyakarta. Sehingga bisa disebut juga batik keraton.

Ciri batik ini adalah menggunakan motif berbentuk geometris di atas kombinasi warna soga (coklat) dan biru. Batik keraton dikenal memiliki nilai sosial filosofis atau biasa disebut pakem batik. Jadi tak heran jika batik keraton memiliki aturan pemakaian untuk setiap motif atau desain.

Misalnya motif parang barong hanya boleh dikenakan oleh raja atau permaisuri raja. Semakin kecil motif parang, maka semakin rendah pula jabatan yang dimiliki si pemakai. Motif parang hanya dikenakan oleh para kalangan bangsawan keraton, sedangkan motif sidomukti dipakai pada upacara pernikahan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai kedua jenis batik ini, klik link berikut ini.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section