1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Panduan untuk Anda yang Baru Pertama Berlibur ke Luar Negeri

Ada beberapa hal sederhana yang harus Anda ketahui agar tak kesulitan selama di negeri orang.

By Dwifantya Aquina 12 November 2016 07:15
Liburan ke luar negeri (Pixabay)

Money.id - Anda berencana menghabiskan liburan akhir tahun ke luar negeri? Jika ini adalah perjalanan Anda yang pertama kali, maka Anda harus mempersiapkan rencana ini dengan matang.

Berikut ini panduan sederhana bagi Anda yang ingin liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya seperti dikutip CekAja.com:

Riset lokasi wisata

Jika Anda sudah menentukan negara tujuan wisata, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan riset lokasi wisata. Cukup gunakan internet atau wawancarai kenalan yang sudah pernah mengunjungi negara tersebut. Cari dan minta rekomendasi lokasi wisata yang menarik.

Karena waktu Anda terbatas, tentu Anda tidak dapat mengunjungi seluruh lokasi wisata. Oleh karenannya, agar Anda tidak kecewa pastikan jika lokasi yang Anda tuju sesuai dengan keinginan Anda. (Baca juga: 6 Pertanda Kalau Tubuh Kamu Benar-benar Kurang Cairan)

Siapkan mata uang negara tujuan

Sebelum berlibur ke luar negeri, sebaiknya siapkan uang tunai mata uang negara tujuan secukupnya. Agar tidak mengalami rugi karena penurunan nilai tukar rupiah, sebaiknya tukarkan rupiah ke dolar dan simpan uang Anda di bank. Setelah Anda bersiap untuk berangkat Anda bisa membawa uang dolar tersebut atau menukarkannya terlebih dahulu sebelum berangkat. Bila Anda tidak mau repot menukarkan uang dalam jumlah besar, kartu kredit dapat menjadi alat pembayaran yang efektif untuk Anda bawa. Alasannya, kartu kredit dapat diterima di berbagai negara.

Sediakan copy dokumen penting

Jangan lupa membawa berbagai dokumen penting seperti paspor, kartu identitas dan kartu kredit. Untuk mengantisipasi bila sekian kartu penting tersebut hilang, sediakan masing-masing copy. Jika Anda memiliki salinan sekian dokumen tersebut proses pengurusan dan pelaporan atas dokumen yang hilang akan lebih mudah. Anda juga akan terhindar dari masalah yang lebih pelik di kemudian hari.

Riset transportasi dan penginapan

Agar hemat waktu, jangan lupa untuk mengecek moda transportasi serta penginapan di negara tujuan. Untuk penginapan, sebaiknya lakukan reservasi jauh-jauh hari. Jangan sampai ketika Anda tiba di negara tujuan, Anda kesulitan mendapatkan hotel karena penuh.

Anda pun tidak perlu pusing memikirkan tempat menginap ketika tiba di negara tujuan. Selanjutnya, lakukan riset mengenai transportasi yang dapat digunakan selama berlibur. Cari rute transportasi dari hotel dan tempat tujuan wisata. Usahakan untuk menggunakan transportasi umum karena lebih mudah dan murah.

Daftar asuransi perjalanan

Dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda dapat menghindari kerugian dari peristiwa yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, kehilangan barang, atau kerusakan bagasi. Penawaran asuransi perjalanan kini mudah Anda dapatkan. (Baca juga: Alternatif Lokasi Liburan yang Cocok untuk Merenung di Akhir Tahun)

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section