1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ternyata Simbol pada Label Baju Punya Arti Penting

Ratusan simbol itu dikelompokkan menjadi tujuh bagian, yang terdiri simbol temperatur, pemutih, pencucian, dan...

By Rizki Astuti 10 November 2016 13:05
Label baju laundry (news.asiaone.com)

Money.id - Pada jenis pakaian tertentu, biasanya tercantum sebuah label perawatan di bagian dalamnya. Label ini biasanya diletakkan di bagian kerah atau samping bawah baju.

Di dalam label berisi simbol-simbol itu menuntun kita untuk memelihara pakaian tersebut agar awet dan tahan lama. Mulai dari cara mencuci, merendam, menyetrika, hingga menyimpan pakaian.

"Simbol-simbol pada label perawatan itu dirancang agar mudah dimengerti oleh konsumen di seluruh dunia," kata ASTM International sebuah organisasi yang merancang simbol-simbol itu, yang dilansir dalam laman Asiaone, Kamis 10 November 2016.

Menurut ASTM International, label perawatan dirancang agar mudah dimengerti oleh konsumen di seluruh dunia. ASTM International juga yang menetapkan standar perawatan pakaian menggunakan simbol-simbol secara sukarela, mulai dari industri penerbangan, pembangunan, hingga mainan.

Simbol ember yang berisi angka 40 dan dua titik di dalamnya kemudian sebuah garis di bawahnya, misalnya, memiliki arti saat mencuci pakaian dengan mesin cuci baiknya gunakan air hangat dengan suhu 40 derajat Celcius.

arti baju dicuci dengan air hangat
© 2016 money.id/news.asiaone.com

Penting untuk membaca label perawatan karena menjaga bahan kain agar tetap dalam kondisi bagus seringkali rumit dan harus ekstra hati-hati. Kain sintetis misalnya membutuhan perawatan yang berbeda misalnya pakaian olahraga umumnya.

Belum lagi jika mesin cuci memiliki pengaturan khusus, misalnya penggunaan deterjen dan bahan pemutih atau pewangi, lebih baik untuk membaca dan memahami label perawatan.

Menurut ilmuwan peneliti produk perawatan kain di Procter&Gamble Co, Elaine Cella terdapat 900 jenis simbol dalam dunia cuci-mencuci pakaian menggunakan mesin cuci.

Label baju laundry
© 2016 money.id/news.asiaone.com

Ratusan simbol itu dikelompokkan menjadi tujuh bagian, yang terdiri simbol temperatur, simbol pemutih, simbol pencucian, simbol cuci kering (dry clean), simbol pengeringan, simbol suhu setrika, dan simbol pemerasan.

Instruksi dalam simbol-simbol itu tidak melulu tentang bagaimana mencuci item agar bersih dan tahan lama. Tapi dibuat untuk menyediakan cara paling aman dalam mencuci item, sehingga produsen tidak disalahkan jika terjadi kesalahan saat petunjuk mencuci dalam label perawatan tidak diikuti.

Karena produsen pakaian pasti telah melakukan tes pada pakaian sesuai dengan label perawatan sebelum dikirim ke toko-toko. (dwq)

Baca Juga

 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section