1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Benteng Terbesar di Dunia Ada di Indonesia, Letaknya di...

Benteng Keraton Buton terbesar di dunia, setelah Tembok Besar China.

By Stella Maris 12 November 2016 11:08
Pos Penjagaan di Benteng Keraton Buton (chris13jkt.wordpress.com)

Money.id - Buton bukan hanya penghasil tambang paling besar di Indonesia, tetapi pulau yang ada di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Utara itu memiliki benteng terbesar di dunia.

Dikutip laman Merdeka.com, Guiness Book of Record pada 2006 mencatat bahwa Benteng Keraton Buton terbesar di dunia, setelah Tembok Besar China. Benteng yang cukup unik itu memiliki luas 23.375 hektar di Kota Bau-Bau. 

Berdasarkan catatan sejarah, Benteng Keraton Buton pada abad ke-16 oleh Sultan Buton ke-3, yaitu Sultan Langsa Aji bergelar Sultan Kaimudin. Pembangunan benteng tepatnya dimulai pada 1592 dan selesai hampir 50 tahun kemudian atau pada 1645

Bila berkeliling tempat itu, Anda akan menemukan Istana Buton yang memiliki 12 pintu gerbang dengan perlindungan meriam di tiap gerbangnya. Menurut masyarakat lokal, ke-12 gerbang yang dinamakan Lawa itu dan 17 pos penjagaan. 

Ada pula bagian-bagian benteng kecil yang memiliki fungsi berbeda. Benteng Sorawolio misalnya yang merupakan tempat persembunyian keluarga Sultan jika terdapat keadaan darurat.

Juga terdapat benteng Katobengke yang merupakan tempat mengeksekusi musuh. Di bagian tengah benteng Buton ini terdapat masjid yang memiliki tiang bendera setinggi 33 meter.

Tiang bendera itu telah bertahan selama 400 tahun, sama dengan usia Kerajaan Buton. Tembok batu yang kokoh dan luas itulah yang melindungi setiap tiang bangunan kerajaan Buton, sehingga tetap eksis sampai sekarang.

Selanjutnya>>> Benteng itu dibuat dari bahan yang tak diduga, yaitu... Selengkapnya baca di sini! (poy)

 

BACA JUGA

 

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section