1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

7 Tanda Tubuh Kekurangan Cairan

Sering merasa letih dan kurang konsentrasi? Mungkin Anda butuh minum air lebih banyak.

By Putri Nabilla 4 November 2015 08:03
Ilustrasi wanita kelelahan karena kekurangan cairan (healthista.com)

Money.id - Manusia tidak bisa hidup tanpa adanya air, karena 90 persen tubuh kita membutuhkan air. Begitu juga untuk fungsi otak, yang memungkinkan darah kita mengalir dengan baik dan membantu kita tetap berenergi.

Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, termasuk tomat, mentimun, semangka dan jeruk, juga merupakan cara yang bagus untuk asupan cairan Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan penyakit seperti demam, diare dan muntah-muntah dimana cairan berlebihan yang hilang tidak diganti atau bisa juga dalam situasi olahraga maupun cuaca panas dapat menyebabkan keringat berlebihan tidak diganti.

Menurut laman safebee.com ada tujuh tanda jika tubuh Anda kekurangan air. Berikut ulasannya.

Merasa haus
Masalah ini mungkin akan tampak jelas, mulut akan terlihat kering dan haus karena berkorelasi dengan bagaimana Anda membutuhkan air.

Merasa pusing
Jika Anda mekonsumsi alkohol berlebih, Anda perlu minum air sebanyak satu liter atau lebih banyak daripada biasanya yang Anda minum, kata Ralph E. Holsworth, DO, ahli osteopati di Rumah Sakit Colorado Tenggara di Springfield, CO.

Pandangan kabur
Jika Anda merasa kepala pening dan pandangan mulai kabur, Anda mungkin mengalami dehidrasi. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah menghentikan kegiatan Anda dan beristirahat, kata Lisa Katic, RD, seorang ahli diet yang terdaftar di Washington, DC. Minum akan membantu Anda merasa lebih baik.

Urine berwarna pekat
Urine dapat menjadi indikator yang jelas terlihat bahwa Anda mengalami dehidrasi. "Idealnya, urine Anda harusnya berwarna kuning pucat. Jika itu kuning gelap, kemungkinan Anda tidak cukup minum," kata Holsworth. Sebaiknya Anda minum enam ons air dalam satu jam jika hal itu terjadi.

Cepat lelah
Darah dan cairan tubuh sebagian besar terdiri dari air, jadi jika Anda sangat dehidrasi, jantung Anda harus memompa lebih keras untuk membawa darah ke seluruh tubuh Anda, dan hasilnya adalah kelelahan, kata Katic.

Tidak bisa konsentrasi
Dehidrasi dapat mengganggu kemampuan Anda untuk fokus pada hal tertentu. "Dengan minum air yang banyak, Anda akan mampu meningkatkan ketajaman fokus Anda," kata Katic. Pada kenyataannya, dehidrasi ringanpun dapat mengubah suasana hati dan tingkat energi Anda, dan sulit berkonsentrasi, menurut dua studi terbaru yang dilakukan di University of Connecticut Laboratorium Kinerja.

Sembelit
Jika Anda banyak mengkonsumsi air mineral, semakin baik dalam mencerna makanan Anda. Katic menjelaskan, air dapat membantu limbah bergerak bersama dari perut Anda melalui usus Anda. Jika Anda mengalami dehidrasi, buang air besar Anda pun mungkin lebih sulit. Untuk mencegah sembelit, jangan lupa untuk memakan banyak serat untuk mendapatkan cukup cairan. (dwq)

(da/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section