1. HOME
  2. FRESH
KOPI

Ini Cara Menyimpan Kopi yang Benar

Kopi arabika sangat istimewa, karena memiliki beraneka ragam rasa dan flavour.

By Stella Maris 25 Oktober 2015 10:10
Kopi sebaiknya disimpan di dalam toples kaca (edibleeastend.com).

Money.id - Kopi terbagi dalam beberapa jenis, yaitu arabika, robusta, ekselsa, dan liberika. Namun dua jenis yang paling umum dikonsumsi adalah arabika dan robusta.

Iwan Setiawan, juara Indonesia Latte Art Champhionship 2014 mengatakan kalau kopi arabika sangat istimewa, karena memiliki beraneka ragam rasa dan flavour. Nah bagi Anda para pecinta kopi, setelah mengetahui cara menyeduh kopi, sekarang tahukah cara menyimpan kopi yang benar?

"Apapun jenis kopi arabika yang dikonsumi, cara penyimpanan yang baik dan benar adalah disimpan di dalam toples kaca dan kedap udara," kata Iwan saat diwawancarai Money.id, Minggu 25 Oktober 2015.

Dia menjelaskan, toples kaca dan kedap udara harus digunakan agar angin tidak masuk dan mengganggu kesegaran kopi Anda. Pastikan pula, tutup toples mengisolasi toples dengan baik.

"Selain itu kopi harus disimpan di suhu ruangan yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari, karena dapat merusak rasa kopi Anda," jelas Iwan lagi.

Kemudian jangan sekali-kali menyimpan kopi dalam bentuk bubuk atau biji di dalam lemari es atau kulkas. Hal itu dapat menyebabkan kopi lembab dan menghilangkan cita rasa saat Anda akan menikmatinya.

Hal lain yang penting, sebaiknya Anda membeli kopi sesuai kebutuhan. "Kopi dalam penyajian yang baik bertahan tujuh hari dan paling lama satu bulan. Bila terlalu lama kesegaran kopi hilang."

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section