1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Makanan Super 'Pembasmi' Nyeri Perut Saat Menstruasi

Kandungan kalsium dapat mengurangi perasaan depresi dan cemas dalam otak, makanan itu...

By Dian Rosalina 2 November 2015 18:25
Cokelat membantu 'melawan' nyeri sebelum dan saat menstruasi (chocolateandmorecatering.com)

Money.id - Tidak sedikit wanita yang merasakan kram atau nyeri perut sebelum dan pada saat menstruasi. Ketika kondisi tersebut terjadi, makanan ini dapat 'membasminya'.

Dikutip dari Shape, Senin 2 November 2015, jeruk yang kaya vitamin D dan kalsium dapat meredakan rasa sakit saat Pra Menstruasi Syndrome (PMS). Kandungan kalsium dapat mengurangi perasaan depresi dan cemas dalam otak. Sementara vitamin D yang mengatur enzim dapat mengatur suasana hati Anda.

Makanan lainnya?

Almond
Kacang almond mengandung vitamin B, E, magnesium, kalsium, kalium, dan fosfor. Kacang almond dapat mengontrol kadar kolestrol tubuh, melancarkan peredaran darah. Saat dikonsumsi sebelum atau saat menstruasi dapat menstabilkan gula darah Anda.

Roti Gandum
Biji-bijian seperti gandum adalah sumber magnesium yang membantu mengurangi tegang otot dan memperlancar peredaran darah. Vitamin B dan E terbukti berguna melawan rasa lelah dan depresi. Untuk meredakan rasa nyeri, Anda dapat menyantap roti gandum Anda dengan mentega almond.

Teh
Saat menstruasi, kafein yang terdapat pada minuman teh atau kopi diketahui dapat memperparah ras nyeri di perut Anda. Namun gantilah minuman tersebut dengan teh chamomile.  Itu karena teh chamomile dapat memberikan efek relaksasi yang baik pada tubuh, membantu meringankan kejang otot, serta mengurangi ketegangan.

Tiram
Menstruasi merupakan siklus alami pada wanita yang terjadi karena sel telur tak dibuahi dan keluar dalam bentuk darah. Itu artinya zat besi dalam darah banyak terbuang. Untuk mengembalikannya, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi seperti tiram, daging, bayam, dan kangkung.

Pisang
Pisang kaya akan vitamin B6 yang membantu membentuk sel darah merah dan mengurangi depresi. Kemudian magnesium dapat mengurangi kram perut dan kalium yang membantu mengurangi rasa kembung saat menstruasi.

Semangka
Semangka mengandung banyak air yang dapat memperlancar aliran darah dan mengurangi kram. Bila Anda tidak menyukai semangka, ada bisa menggantinya dengan buah plum atau buah ara yang bisa mengontrol kembung dan diare.

Cokelat
Anda tidak boleh mengonsumsi kopi saat menstruasi, tapi Anda perlu mengonsumsi cokelat. Mengapa? Itu karena cokelat mengandung magnesium yang meredakan nyeri. Selain itu, bila suasana hati sedang tidak baik akibat menstruasi, cokelat bisa menjadi pembangkit mood Anda juga, lho!

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section