1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Olahraga yang Tepat untuk si Tubuh Kurus

Prinsip berolahraga tak memandang usia atau indeks massa tubuh. Maka dari itu, setiap orang direkomendasikan...

By Dian Rosalina 2 November 2015 11:06
Naik tangga, salah satu olahraga yang cocok untuk si tubuh kurus (pinterest).

Money.id - Tahukah Anda, orang kurus pun harus berolahraga? Namun dengan catatan khusus, yaitu tak perlu banyak melakukan pembakaran.  

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Grace Tumbelaka dari Rumah Sakit Jakarta mengatakan, prinsip berolahraga tak memandang usia atau indeks massa tubuh. Maka dari itu, setiap orang direkomendasikan olahraga tiga sampai lima kali per minggu.

"Orang kurus dianjurkan untuk berolahraga dengan intensitas yang sedang, tidak usah yang berat. Tapi jangan (olahraga) yang ringan juga," kata Grace kepada Money.id, beberapa waktu lalu.

Olahraga dengan intensitas sedang, misalnya: berjalan kaki, jalan cepat, jogging, naik tangga, bersepeda, dan aktivitas fisik lain yang tak terlalu sulit dilakukan. "Waktunya antara 30-60 menit," kata Grace.

Bukan hanya itu saja, si tubuh kurus juga harus melatih pembentukan otot dengan latihan angkat barbel. Namun latihan saja tidak cukup, bila Anda ingin menaikkan berat badan.

Dikutip laman Livestrong, Senin 2 November 2015, orang kurus yang tak berolahraga teratur berdampak pada penurunan daya tahan tubuh dan tingkat kebugarannya rendah.

Nah bila olahraga sudah dilakukan, Anda dianjurkan mendapatkan gizi yang baik, guna menambah tenaga yaitu sekitar 500 kalori atau lebih per hari. Kalori yang dibutuhkan berupa asupan protein, seperti ikan, ayam, daging, telur, dan kacang-kacangan. (ita)


(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section