1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mandi

Ternyata ada hal-hal yang selama ini kita lakukan ketika mandi tak baik untuk tubuh.

By Dian Rosalina 24 Oktober 2015 14:28
Ilustrasi mandi di bathtub (Wordpress)

Money.id - Demi menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh, setiap hari Anda diharuskan untuk mandi dua kali dalam sehari. Selain membersihkan tubuh, mandi bermanfaat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh Anda, melancarkan sirkulasi darah, dan mengurangi tingkat stres.

Namun terkadang Anda tidak mengetahui bahwa ada beberapa hal yang Anda lakukan saat mandi kurang tepat bila dilakukan.

Dilansir dari SheFinds, Sabtu 24 Oktober 2015, kesalahan menggosok saat mandi mungkin dapat merusak kulit Anda. Ahli kulit dan kecantikan memberikan tips berikut ini untuk segera Anda terapkan saat mandi.

1. Singkirkan Sabut Mandi Anda

Bila Anda terbiasa menggunakan loofah atau sabut mandi agar kulit Anda lebih bersih, sebaiknya Anda hentikan pemakaiannya. Alat yang terbuat dari tanaman sejenis mentimun ini ternyata rumah bagi para bakteri.

"Loofah atau sabut mandi adalah tempat berkumpulnya bakteri seperti spons pencuci piring di dapur. Cukup gunakan tangan Anda untuk membersihkan tubuh karena itu yang paling aman," kata Gina Mari dari Gina Mari Skincare.

2. Cuci Rambut Lebih Dulu

Keramas mungkin adalah kegiatan yang Anda lakukan ditengah-tengah mandi. Namun tahukah Anda, keramas sebaiknya dilakukan saat pertama kali Anda mandi.

"Bila Anda keramas setelah Anda membersihkan tubuh, produk rambut yang digunakan akan menempel pada kulit ketika dibilas," kata Gina.

3. Bercukur Setelah Mandi

Tidak banyak yang tahu, bahwa mencukur sebaiknya dilakukan setelah Anda menyelesaikan mandi Anda. Karena pada saat itulah uap di kamar mandi masih tersisa.

"Pembersih bulu akan menyerap minyak dalam rambut, kemudian rambut dapat mudah dicabut karena adanya bantuan dari kelembaban di kamar mandi. Hal ini akan membuat pisau cukur lebih mudah untuk mencukur rambut sehingga kulit Anda terhindar dari iritasi," kata Neal Schultz, pendiri BeautyRx.

4. Kurangi Penggunaan Sabun

Tahukah Anda, penyebab utama kulit kering adalah penggunaan sabun setiap hari. Karena sabun bersifat menghilangkan minyak alami tubuh. Namun sabun tetap harus digunakan pada area-area tubuh tertentu. Gunakanlah lulur scrub atau sabun yang memiliki efek melembabkan.

5. Exfloating

Exfloating adalah kegiatan menggosok menggunakan bahan scrub yang bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun perlu diingat dalam pengerjaan exfloating, Anda tidak perlu menggosoknya terlalu keras. Apalagi didaerah kulit yang sedang terluka atau berjerawat, karena akan menyebabkan bakteri menyebar.

"Lakukan exfloating sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu," kata Ornstein.

6. Jangan Mandi Air Panas

Untuk sebagian orang mandi dengan air hangat atau air panas akan terasa menenangkan dan menghangatkan tubuh. Namun itu tidak menyelesaikan permasalahan pada kulit Anda nantinya.

"Air panas membuka pori-pori, kemudian mendorong air dan minyak emolien sebagai pelindung kulit keluar dari tubuh. Ini bisa menyebabkan kulit kering dan gatal," kata Schultz.

7. Membersihkan Wajah

Bersihkan wajah Anda dengan sabun pencuci muka sebelum atau setelah mandi. "Jangan mencuci wajah Anda di kamar mandi karena suhu air di terlalu panas untuk kulit Anda," kata Ornstein.

8. Perhatikan Bagian Tubuh Lainnya

Kebanyakan orang sering melupakan bagian-bagian tubuh mereka saat mandi, seperti sela-sela kaki, atau belakang telinga. Beberapa wanita juga lupa untuk membersihkan bagian bawah payudaranya dan telapak kaki. Untuk daerah kaki, usahakan Anda menggunakan batu apung untuk membersihkannya.

9. Usap Lembut dengan Handuk

Kebiasaan orang Indonesia setelah mandi langsung menyeka air yang tersisa ditubuhnya secara terburu-buru. Namun cara yang bagus untuk diterapkan adalah cukup tepuk-tepuk tanpa menggosoknya. Kemudian aplikasikan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit Anda. (dwq)

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section