1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Trik Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletup dan Tidak Lengket

Berikut trik mudah saat menggoreng ikan agar minyak tidak meletup dan ikan tidak lengket.

By Azalia Amadea 15 Juli 2016 14:47
Menggoreng ikan (indochinekitchen.com)

Money.id - Ikan goreng sangat lezat dinikmati saat hangat dan garing. Namun, kebanyakan orang malas untuk menggoreng ikan karena saat menggoreng minyak ikan biasanya meletup-letup dan perih jika terkena kulit.

Selain itu, terkadang saat menggoreng ikan menjadi lengket diwajan sehingga susah untuk dibalik. Jangan khawatir, berdasarkan riset berikut trik mudah saat menggoreng ikan agar minyak tidak meletup dan ikan tidak lengket. 

1. Pastikan wajan bersih dan kering

Sebelum menggoreng ikan, pastikan wajan sudah dicuci bersih. Setelah dicuci, keringkan wajan dan pastikan jangan sampai ada air yang tersisa. Kandungan air yang bercampur dengan minyak goreng panas dapat menjadi salah satu penyebab minyak meletup saat menggoreng ikan.

2. Panaskan wajan

Setelah wajan sudah bersih dan kering, panaskan terlebih dahulu wajan di atas kompor. Jangan menuang minyak ketika wajan dingin karena dapat membuat ikan lengket saat sedang digoreng.

3. Gunakan minyak banyak

Perhatikan juga takaran minyak saat menggoreng ikan. Pastikan Anda menggunakan minyak dalam jumlah banyak sehingga ikan benar-benar terendam minyak. Cara ini dapat menghindari ikan agar tidak lengket pada wajan.

4. Suhu minyak

Sebelum ikan dimasukan, pastikan minyak yang Anda gunakan sudah benar-benar panas. Namun, jangan sampai suhu minyak terlalu panas agar minyak ikan tidak meletup dan ikan tidak gosong. Saat suhu minyak sudah tepat kecilkan api, lalu masukan ikan. Goreng ikan dengan api kecil.

5. Jeruk nipis

Beberapa orang percaya bahwa meneteskan air jeruk nipis ke dalam minyak sebelum ikan dimasukkan merupakan cara mudah mencegah minyak agar tidak meletup. Selain itu, meletakkan daun pisang di dasar minyak juga dapat mencegah minyak tidak meletup saat ikan digoreng.

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section