1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Lebaran di Makassar? Ini Sajian Lebaran yang Wajib Dicoba

Daging itik memiliki sensasi rasa yang berbeda dibanding daging ayam.

By Dian Rosalina 6 Juli 2016 12:08
Sajian Lebaran Khas Makassar, Barongko (masakansedap.com)

Money.id - Lebaran identik dengan ketupat, opor ayam, dan rendang. Padahal di berbagai daerah di Indonesia menyajikan berbagai macam sajian unik khas dari masing-masing daerah.

Misalnya saja di Makassar, dikutip dari Hallo Makassar, Senin 4 Juli 2016, ada sederet sajian khas lebaran yang wajib Anda cicipi bila Anda berlebaran di Makassar.

Meski menggunakan bahan baku yang sama seperti makanan Lebaran pada umumnya, tapi penggunaan bumbu dan cara penyajiannya berbeda, sehingga dapat menghasilkan cita rasa unik nan lezat. 

Nasu Likku
Dalam bahasa Bugis, likku berarti lengkuas. Memang masakan ini menggunakan lengkuas muda sebagai bumbu utamanya.

Dulu lengkuas ini dipotong kecil memanjang seperti korek api. Tapi agar lebih praktis, sekarang lengkuas tersebut lebih sering diparut atau diblender.

(Nasu Likku)

Setelah itu potongan daging ayam dimasak bersama lengkuas, sereh, dan santan. Terakhir tambahkan kelapa sangrai untuk menambah kekentalan dan memberikan wangi khas.

Nasu Itik Palekko
Makanan ini juga hidangan khas lebaran bagi suku Bugis khususnya di daerah Pinrang, Sidrap, dan Pare-pare. Tidak lengkap rasanya jika saat Lebaran, di meja makan tidak tersaji makanan ini.

(Nasu Itik Palekko)

Daging itik memiliki sensasi rasa yang berbeda dibanding daging ayam. Rasa gurih dan pedas dari nasu itik palekko menciptakan sensasi unik yang tentu disukai oleh para pencinta makanan pedas.

Burasa
Ini dia makanan utama saat lebaran yang wajib disajikan saat sanak saudara datang ke rumah untuk bersilahturahmi. Burasa adalah beras pulen yang dimasak bersama santan kental hingga setengah matang.

(Burasa)

Ada juga yang menambahkan daun pandan atau daun salam untuk mendapatkan wangi. Setelah itu dibungkus menggunakan daun pisang dan diikat agar isinya tidak keluar.

Tumbu
Lauk berupa nasu likku atau nasu palekko lebih enak disantap bersama hidangan yang satu ini, Tumbu. Makanan ini biasa juga disebut langkak karena terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang direndam selama 3-4 jam, kemudian dikukus hingga setengah matang.

(Tumbu)

Pembuatan tumbu juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, sama seperti burasa. Hanya saja, tumbu dicetak terlebih dahulu dengan menggunakan wadah bulat seperti pipa.

Tape
Bahan dasarnya adalah ketan hitam atau putih atau dicampur keduanya yang dikukus terlebih dulu kemudian diberi ragi. Sebaiknya pilih ragi yang berkualitas karena akan berpengaruh pada rasa manis yang dihasilkannya.

Barongko
Barongko merupakan kue tradisional khas Bugis Makassar dengan tekstur lembut, berair, dan rasanya manis. Kue barongko sudah bisa di dapat dimana saja, dan ini adalah camilan yang wajib disajikan saat Lebaran tiba.

(Barongko)

Bahan dasar barongko adalah pisang yang dihaluskan lalu dicampur dengan telur dan santan barulah dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Simpan dalam kulkas sebelum disajikan di hari lebaran. (els)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section