1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Berlibur ke Bangka Belitung? Jangan Lupa Cicipi Makanan Ini

Bahan utama ikan tenggiri yang menjadi kunci kelezatannya.

By Rizki Astuti 6 Juli 2016 16:06
Lempah (cookpad.com)

Money.id - Kuliner di Indonesia dari Sabang sampai Merauke sangat beragam, karena setiap daerah memiliki makanan khas. Salah satunya adalah kota yang berada di pulau sebelah timur Sumatera, Bangka Belitung.

Ya, selain keindahan berbagai tujuan wisata, pulau penghasil Timah ini juga memiliki kuliner yang membuat Anda betah berlama-lama di sana. Nah, jika saat ini Anda berencana untuk berlibur ke Bangka Belitung, jangan lupa untuk mencicipi berbagai makananannya. 

Berikut rekomendasi yang dikumpulkan Money.id :

Pantiaw
Pantiaw atau kwetiau adalah salah satu kuliner makanan Bangka Belitung dan dianggap sebagai makanan ringan berkarbohidrat tinggi, dibuat dengan bahan dasar sagu dan tepung beras. Biasanya Pantiaw disajikan dengan siraman bumbu kuah ikan yang segar.

Makanan yang memiliki cita rasa manis, pedas, dan gurihnya ini dijamin menggoyang lidah Anda. Apalagi saat disantap di siang hari, dengan suiran ayam dan tomat serta jeruk nipis. Hmm, yummy!

Lempah
Orang Bangka Belitung biasanya menyebut Lempah dengan Gangan. Makanan berkuah ini sudah menjadi makanan khas sehari-hari. Lempah biasanya di buat dengan bahan utama ikan tenggiri yang menjadi kunci kelezatannya.

Uniknya, lempah dicampurkan dengan potongan buah nanas atau mangga muda sebagai bahannya. Aroma rempah-rempah yang khas, pasti membuat Anda tak bisa lupa dengan kota ini!

Lakso
Lakso adalah salah satu sajian tradisional terbuat dari mi tepung beras yang disajikan dengan kuah santan gurih, dengan campuran suwiran daging ikan tenggiri. Anda pasti sudah bisa membayangkan betapa nikmat dan sedapnya sajian asal Bangka-Belitung ini.

(Lakso © 2016 money.id/plus.google.com)

Ya, sekilas bentuknya seperti pempek kerupuk putih makanan khas Palembang. Cocok sekali untuk menemani saat santai bersama sanak saudara sambil menikmati pemandangan indah kota Belitung. Selamat mencoba! (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section