1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Agar Masakan Tetap Nikmat dan Sehat Tanpa MSG

Berikut bahan-bahan pengganti MSG yang akan membuat masakan tetap nikmat dan tentunya sehat.

By Azalia Amadea 13 Juli 2016 18:08
Ilustrasi memasak (whytoread.com)

Money.id - Membuat masakan nikmat memang tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang beberapa orang menambahkan bahan berbahaya agar masakan terasa menggugah selera. Salah satu bahan penyedap makanan yang sering digunakan adalah Monosodium Glutamat (MSG).

Padahal seperti diketahui, MSG tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kanker. MSG juga memiliki sifat aditif yang dapat membuat seseorang ketagihan, apalagi jika dicampurkan dalam makanan. Dikutip laman vemale.com Rabu 13 Juli 2016, berikut bahan-bahan pengganti MSG yang akan membuat masakan tetap nikmat dan tentunya sehat.

Garam

Ada beberapa jenis penyedap alami salah satunya adalah garam. Menambahkan garam dalam masakan sebenarnya sudah cukup untuk membuat masakan tersebut terasa nikmat dan gurih.

Kaldu alami

Anda juga dapat mengganti MSG dengan penggunaan kaldu alami seperti kuah kaldu rebusan daging ayam atau sapi. Selain daginya, rebusan tulang atau kulit ayam serta sapi juga dapat dijadikan kaldu alami.

Gula

Penambahan gula dalam sajian masakan juga dapat membantu masakan terasa semakin nikmat. Cita rasa gula yang manis jika berpadu dengan garam akan menghasilkan rasa gurih yang sedap.

Rempah-rempah

Indonesia terkenal dengan rempah-rempah atau bumbu-bumbu masakan yang jika digunakan dengan takaran tepat akan membuat masakan semakin nikmat. Anda dapat menambahkan beberapa bumbu dapur agar masakan semakin lezat. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section