1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Rahasia Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Jengkol

Berikut tips sederhana menghilangkan bau tak sedap pada jengkol, coba yuk.

By Azalia Amadea 18 Mei 2016 18:05
Sajian jengkol lada hitam (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Anda penyuka jengkol? Sudah pernahkah Anda memasak jengkol? Memasak jengkol memang gampang susah. Bagi mereka yang tidak ahli dalam memasak, salah-salah jengkol yang dimasak akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Jengkol termasuk dalam keluarga polong-polongan yang buahnya berbentuk pipih dan memiliki kulit air. Bau tak sedap pada jengkol membuat makanan ini tak memiliki banyak penggemar. Tetapi di Indonesia, jengkol sudah menjadi makanan yang merakyat. Mulai dari kalangan bawah, menengah hingga atas menyukainya.

Tak heran jika di Jakarta ada pengusaha rumah makan khusus jengkol. Fatoni adalah pengusaha kuliner yang menjadikan rumah makannya yaitu Republik Jengkol sebagai rumahnya aneka masakan jengkol. Sejak 2012 ia sudah membuka warung makannya yang berada di Jalan Kerja Bakti nomer 15, Kramatjati, Jakarta Timur.

"Saya berusaha bagaimana caranya supaya jengkol tidak bau, kebetulan dari kecil saya hobi meracik herbal. Saya tidak perlu riset lama, akhirnya saya coba mengolah jengkol dengan rempah-rempah" ujar Fatoni pemilik Republik Jengkol yang ditemui Money.id di Jakarta, Rabu 18 Mei 2016.

Pria 46 tahun tersebut juga tidak segan-segan membagikan tips menghilangkan bau pada jengkol. Berikut tips menghilangkan bau pada jengkol ala Fatoni.

1. Rendam jengkol semalaman

"Proses pertama menghilangkan bau jengkol adalah rendam jengkol terlebih dahulu sehari semalam," kata bapak dengan dua anak tersebut.

Selain dapat menghilangkan bau pada jengkol, cara ini juga dapat memudahkan Anda mengupas jengkol dan membersihkan jengkol dari kulit arinya.

2. Rebus jengkol dengan bumbu dapur

"Proses selanjutnya, setelah jengkol dibersihkan masukan jengkol ke dalam panci presto yang sudah berisi air. Setelahnya masukan bumbu dapur yang sudah dimemarkan," ucap Fatoni.

Bumbu dapur yang dimaksud adalah jahe, lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk. Jahe, lengkuas, dan sereh dimemarkan terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam panci presto. Setelahnya tambahkan juga daun salam dan daun jeruk, rebus jengkol selama kurang lebih satu jam hingga empuk.

Itulah dua tips menghilangkan bau jengkol menurut Fatoni. Dengan cara sederhana tersebut, kini Anda dapat memasak jengkol tanpa khawatir akan baunya yang kurang sedap. Selamat mencoba. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section